DPD PDIP Jabar Serahkan Berkas LHKPN Caleg DPRD

BANDUNG – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat menyerahkan berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN) caleg yang diprediksi menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Padahal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat belum mengumumkan siapa saja caleg yang terpilih untuk duduk di DPRD Jawa Barat. Berkas tersebut diterima oleh jajaran Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (23/7).

“Kami sangat mengapresiasi langkah PDIP Jabar karena sesuai regulasi. Penyerahan LHKPN ini wajib hukumnya terutama bagi calon terpilih, dan PDIP pun tentu menjadi teladan bagi partai politik yang belum menyerahkan walaupun penyerahan LHKPN ditentukan paling lambat 7 hari setelah penetapan calon terpilih,” ungkap Endun.

Endun menjelaskan, sampai saat ini menurut catatan KPU Jabar, sudah ada lima partai politik di Jawa Barat yang menyerahkan LHKPN bagi potensi calon yang akan nanti ditetapkan di masing-masing partai politik.

Selain itu, katanya, pihaknya juga hingga saat ini belum mengetahui secara resmi calon anggota legislatif terpilih yang akan dilantik. Pasalnya, lanjut Endun, KPU Jabar masih menunggu selesainya sengketa Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Endun, khusus untuk DPRD provinsi Jabar ada dua gugatan dari lima gugatan yang diregister oleh MK dan akan melaksanakan sidang, sehingga berpengaruh pada jadwal penetapan calon anggota legislatif terpilih. “Rencana putusan MK itu akan dibacakan 9 Agustus 2019, apabila tanggal tersebut dibacakan berarti paling tidak seminggu kemudian kita harus menetapkan calon terpilih,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris PDI Perjuangan Jabar, Abdy Yuhana menuturkan, kedatangannya ke KPU Jabar untuk menyerahkan berkas kelengkapan bagi calon anggota DPRD terpilih provinsi Jawa Barat, yakni LHKPN.

“Tentunya ini bagian dari niat kami dari PDI Perjuangan bahwa caleg terpilih dari PDI Perjuangan dalam menjalankan aktivitasnya harus benar-benar memperjuangkan masyarakat Jawa Barat dan yang harus bersih dan bebas dari korupsi, karena ini bagian dari perjuangan dan komitmen kami untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” jelasnya.

Dia juga menerangkan, hasil dari Pemilu 2019, ada 20 anggota DPRD terpilih dari PDIP Perjuangan yang meliputi 15 dapil daerah pemilihan di provinsi Jawa Barat, dan semuanya sudah selesai memberikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara dan langsung di serahkan ke KPU Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan