Dongkrak Minat Baca, Ratusan Buku Didistribusikan ke Desa

NGAMPRAH– Sebanyak 500 eksemplar buku didistribusikan ke 54 titik desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disparpus) KBB.

Distribusi ratusan buku dengan 250 judul tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat desa. “Ratusan buku itu sudah kami distribusikan ke 54 titik desa yang masuk pada program Kampung KB. Kami harapkan, setelah ada distribusi buku bisa ada impact pada meningkatnya minat baca masyarakat di desa,” kata Kepala Seksi Pengadaan dan Pengolahan Bahan Pustaka pada Disparpus KBB, Sarif Rustandi, Kamis (26/9) di Ngamprah.

Sarif juga menargetkan, bahwa distribusi buku tersebut bisa menyasar ke semua desa pada tahun mendatang. Apalagi, Pemkab Bandung Barat pada tahun ini menargetkan penambahan Perpusdes dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di setiap desa.

“Buku-buku yang dikirim tentunya dengan judul beragam, mulai dari tentang pertanian, pendidikan, cerita untuk anak-anak hingga bacaan-bacaan filsafat,” ungkapnya.

Adapun berdasarkan data Disparpus KBB, dari 165 desa di KBB, sebanyak 80 desa sudah bisa menjalankan perpusdes dan TBM. “Selain buku, kita juga akan mendistribusikan peralatan seperti lemari dan alat praga lainnya. Sehingga di setiap desa itu ramai dengan berbagai aktivitas positif salah satunya gemar membaca buku,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan