Ditopang Patriot Desa

BANDUNG – Inovasi dan akselerasi pembangunan desa yang dicanangkan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum juga ditopang sumber daya manusia (SDM). Selain melibatkan satri di pesantren, Ridwan Kamil juga melepas 110 milenial Patriot Desa.

Para anak muda yang telah dibekali ilmu itu bakal men­jadi penyokong pelaksanaan program One Village One Company (OVOC) untuk merintis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis po­tensi desa di Jabar.

Kang Emil –begitu Ridwan Kamil disapa– mengatakan, 110 Patriot Desa ini akan men­jadi perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar untuk peningkatan ka­pasitas kelembagaan masy­arakat, kehidupan sosial-budaya, dan pengembangan partisipasi serta keswadayaan masyarakat desa.

Para patriot milenial ini yang rata-rata berusia antara 20-23 tahun ini diterjunkan ke 50 desa se-Jabar mulai dari De­sa Mekarjaya di Kabupaten Bogor hingga Desa Bangbayang di Kabupaten Cirebon. ”Saya terharu, (pemuda) yang lain seusia kamu nongkrong di kafe, ngopi-ngopi, kalian ber­keringat, terjun ke masyarakat, memikirkan kemajuan,. Ka­rena kamu- kamulah pemu­da berjiwa patriot,” papar Emil usai melepas 110 Patriot Desa di Gedung Sate, bebe­rapa waktu lalu.

Setelah 45 hari dikarantina untuk dibekali kompetensi dan spirit kejuangan, Emil pun berharap 110 Patriot Desa ini betul-betul bisa berkontri­busi membangun desa dan menjadi pembawa asa bagi masyarakat. ”Dengarkan suara mereka (warga desa), tampung aspirasinya, wujud­kan harapannya,” pesan Emil.

Adapun secara teknis penuga­san di desa, para patriot ini harus dapat melakukan pemetaan spasial, sektoral, dan perenca­naan. Mereka pun akan mem­buat perencanaan peng­embangan potensi berbasis masyarakat dan kearifan lokal serta menyiapkan kelompok dan lembaga usaha tingkat desa.

Pun di era Revolusi Industri 4.0 ini, 110 Patriot Desa itu harus memiliki kemampuan dalam pemanfaatan tekno­logi informasi dan komuni­kasi untuk mendorong pembangunan ekonomi desa berbasis digital.

Setelah didaulat menjadi Patriot Desa, para milenial ini juga mengemban tugas berperan aktif menjadi pelo­por serta berkontribusi posi­tif dalam mewujudkan desa-desa juara di Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan