Disparbud Gelar Kegiatan Aksi Sadar Wisata di Majalengka

MAJALENGKA – Kegiatan Peningkatan SDM dan Aksi Sadar Wisata di Desa Wisata digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat di Desa Wisata Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Kamis (28/11). Dalam kegiatan ini Disparbud Provinsi Jawa Barat mengajak para pelaku wisata serta tamu undangan untuk menjaga dan mengembangkan kawasan desa wisata yang memiliki beberapa destinasi wisata di daerah tersebut.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Provinsi Jawa Barat, H. Iwan Priatna, SE.,M.Kes. Iwan mengajak para pelaku wisata dan tamu undangan untuk menimba ilmu dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini.

“Diharapkan semua elemen di desa wisata ini untuk dapat meningkatkan kapasitas usaha di desa wisata, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan dalam upaya peningkatan ekonomi,” kata Iwan.

Iwan juga memberikan apresiasi kepada warga dan Pemerintah Kabupaten Majalengka yang  konsisten dan berperan aktif dalam pengelolaan kawasan desa wisata Bantaragung.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Disparbud Kabupaten Majalengka, H. Gatot Sulaeman AP. MSi. Gatot mengatakan, desa yang telah mendapat penghargaan sebagai Juara 3 ‘Surga Tersembunyi Terpopuler’ di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 ini merupakan destinasi wisata di Kabupaten Majalengka yang memiliki potensi wisata menakjubkan. Berada di kawasan kaki gunung Ciremai, wisatawan dapat merasakan sejuknya hawa pegunungan disertai pemandangan luar biasa.

”Peningkatan SDM dan Aksi Sadar Wisata ini penting mengingat untuk menciptakan ekosistem pariwisata yang handal. Tidak hanya fokus pada destinasi saja, namun masyarakat dan budaya-lah yang menjadi ruh agar iklim pariwisata dapat lestari dan unggul” paparnya.

Gatot menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan merekatkan tali silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan pelaku wisata. Kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi Aksi Sadar Wisata.

”Melalui kegiatan ini, harapannya tingkat kunjungan wisata semakin tinggi, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini juga perlu diteruskan sebagai  upaya berkelanjutan, simultan pada setiap kawasan khususnya di Kabupaten Majalengka” jelasnya.

Desa Wisata Bantaragung dikenal mempunyai beberapa destinasi wisata menarik, diantaranya adalah Curug Cipeuteuy, Bumi Perkemahan Awi Lega, Batu Asahan, Bukit Batu Semar, Puncak Pasir Cariu, dan Terasering Sawah Ciboer Pass. Kawasan ini banyak dikunjungi masyarakat. Terlebih hari libur, kunjungan di destinasi wisata tersebut lebih ramai dibandingkan hari biasa. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan