Dishub Mulai Buka Pendaftaran Mudik Gratis

CIMAHI – Dinas Perhu­bungan (Dishub) Kota Cimahi sediakan sebanyak 750 kursi untuk para pemudik gratis yang akan diberangkatkan pada 1 Juni 2019.

Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dis­hub Kota Cimahi Sumanto mengatakan, layanan mudik gratis tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

”Pada 2018 kita cuma meny­ediakan kuota untuk 603 orang,” kata Sumanto, di Komplek Per­kantoran Pemkot, Jalan Demang Hardjakusuma, Senin (18/3).

Menurut Sumanto, pihaknya mulai membuka pendaftaran pada Senin ini (18/3) karena selain banyaknya permintaan dari masyarat, hal itu juga sekaligus untuk mengukur banyaknya peminat yang mendaftar mudik gratis.

”Kuota mudik gratis tahun 2019 ini meningkat dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Dijelaskanya, mudik gratis dilakukan sebagai salah satu bukti adanya perhatian pemerin­tah kepada warganya. Pada mudik kali ini, lanjut Sumanto, pihaknya menyediakan ar­mada sebanyak 15 bus dan itu sudah disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

”Sebenarnya tahun lalu juga kuota sudah ditambah tapi masih ada warga yang tidak terakomodir makanya tahun ini kita tambah lagi,” jelasnya.

Terkait teknis pendaftaran, Sumanto mengatakan, pi­haknya tidak membatasi ma­syarakat yang hendak ikut program mudik gratis. Namun pendaftaran berlaku hanya bagi warga yang ber KTP Ci­mahi saja.

”Siapa saja boleh, asalkan warga Kota Cimahi. Yang pernah ikut juga boleh daftar lagi. Me­reka cukup membawa KTP-KK serta akte kelahiran atau Kartu Identitas Anak (KAI) bagi war­ga usia anak,” terangnya.

Sementara untuk jalur yang akan dituju, dia menyebutkan, pihaknya hanya menyediakan armada bagi pemudik yang menuju Solo via jalur selatan dan Semarang via jalur utara. Hari Pertama pendaftaran, la­njutnya, sudah terisi 190 orang dengan rincian 177 orang dengan tujuan Solo via Jogja dan 13 orang tujuan Semarang via Cirebon.

”Kami hanya baru bisa me­nyediakan dua jalur saja. Ke depan mudah-mudahan bisa tambah jalur,” ucapnya.

Sumanto menuturkan, pelaks­anaan mudik gratis dilakukan dalam upaya ikut mengurangi kemacetan lalu lintas saat mu­dik. Selain itu, untuk memini­malisir terjadinya kecelakaan juga. Untuk itu, ia mengaku, sebelum digunakan, pihaknya akan memastikan terlebih da­hulu kelaikan kendaraan yang akan digunakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan