Dishub Cimahi Turunkan Penumpang Bus Tak Laik Jalan

CIMAHI – Untuk memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Khususnya bus reguler yang mengangkut para pemudik lebaran tahun 2019, Dinas Per­hubungan Kota Cimahi beker­jasama dengan pihak TNI dan Polri melakukan pemeriksaan (ramp chek) di Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi Kota Cimahi.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto mengungkapkan, dalam operasi kali ini, pihaknya, melakukan pemeriksaan ter­hadap 30 unit angkutan umum dan angkutan barang.

”Hasilnya, satu unit kendaraan umum (bus) dilarang berope­rasi, tiga unit diberikan teguran dan delapan diberikan peni­langan,” ungkap Ruswanto, usai pelaksanaan pemeriksaan.

Menurutnya, meski peme­riksaan kerap dilakukan, namun masih ada saja angkutan umum yang kedapatan tidak memenuhi syarat unsur teknis. Seperti rem tangan tidak berfungsi dan lampu remnya mati.

”Kondisi itu sebenarnya sang­at membahayakan penumpang. Tadi masih kita temukan juga bunyi klakson yang melebihi ambang batas suara,” ujarnya.

Dia mengatakan, karena te­muan seperti ini bukan untuk pertama kali, maka pihaknya meminta seluruh operator bus untuk lebih memperhatikan kondisi busnya agar benar-benar laik jalan. Salah satunya rutin melakukan uji KIR sesuai aturan.

”Kami harapkan dan ingin memastikan kendaraan ang­kutan ini benar-benar laik jalan dan terjamin keselama­tannya,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan tersebut, pi­haknya terpaksa menurunkan para penumpang salah satu bus karena bus yang ditum­pangi dinilai tidak laik jalan.

”Setelah dicek ternyata rem tangannya tidak berfungsi. Ke­mudian lampu rem juga mati. Itu kan sangat berbahaya,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan, petu­gas gabungan mulai menggelar ramp check atau pemeriksaan kelaikan sekitar pukul 14.00 WB. Satu per satu bus diperiksa pe­tugas, dari mulai fisik seperti ban, lampu hingga rem serta surat berkendara.

Aris Tiara, 44, salah seorang penumpang mengaku kaget saat diturunkan petugas dan disarankan untuk pindah ke bus yang lain, namun setelah mengetahui jika kendaraan yang ditumpanginya tidak laik jalan ia bersyukur seakan su­dah diselamatkan dari kemun­gkinan terjadi kecelakaan. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan