’Dewi Citos’ Masuki Tahap Kajian 

CIMAHI – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi mengklaim, pengembangan objek Desa Wisata Cimahi Torobosan (Dewi Citos) sudah memasuki tahapan Detail Engineering Design (DED).

DED dikerjakan oleh pihak ketiga dengan leading sektornya adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Sebab pengembangan wisata yang berada di Kampung Torobosan di RT 02 RW12 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi itu disokong oleh keuangan Permpov Jabar.

”(Tahun ini) fokus ke DED. (Itu) wilayahnya provinsi, kita sumbang informasi,” kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Disbudparpora Kota Cimahi, Ero melalui sambungan telepon, Minggu (29/9).

Dewi Citos merupakan kawasan ekowisata yang aktif tahun 2015. Kawasan itu dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Dewi Citos. Namun, tahun 2017 lalu terpaksa harus ditutup karena permasalahan finansial.

Lahan Dewi Citos itu sendiri masuk kawasan Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi. Secara bersamaan, DLH pun bakal melakukan kajian untuk pengembangan Kehati.

Sebab lahannya bersentuhan dengan Kehati, imbuh Ero, pihaknya juga mengarahkan agar tim dari Pemprov Jabar berkoordinasi dengan DLH Kota Cimahi untuk pengembangannya.

”Harapannya dengan diarahkan ke DLH kita tarik ini supaya ide-ide kita terapresiasi oleh provinsi,” kata Ero.

Informasinya, terang dia, kawasan tersebut akan kembali mengusung konsep ekowisata mengingat daerahnya memang berada di wilayah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

”Rencananya ekowisata, jadi pendekatannya adalah lingkungan,” ucapnya.

Selain memiliki konsep ekowisata, lanjut Ero, pihaknya juga menginginkan adanya ruang pertunjukan kebudayaan di Dewi Citos. Sebab, selama ini Kota Cimahi belum memiliki tempat pertunjukan kebudayaan dan kesenian yang refresentatif.

Dikatakannya, apabila disediakan tempat pertunjukan seni dan budaya di Dewi Citos nanti, diyakini akan menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk datang ke tempat wisata tersebut. Apalagi budayawan dan seniman di Kota Cimahi memiliki semangat yang luar biasa.

”Mudah-mudahan ini bisa terapresiasikan.
Bukan hanya lingkungan tapi ada pertunjukan budaya. Kita berharap seperti itu,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengungkapkan, pihaknya menjadi salah satu wilayah yang diunjuk Pemprov Jawa Barat untuk pengembangan wisata yang digagas Gubernur Ridwan Kamil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan