Desa Mart Diyakini Tingkatkan Ekonomi

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan melaunching Desa Mart di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Jumat (27/12).

Bupati menyebutkan, keberadaan BUMDes dan Desa Mart merupakan perwujudan dari pengelolan produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif transparansi, akuntabel dan sustainable.

“Perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolan BUMDes dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional,” ujar Bupati usai peresmian.

Program tersebut, kata Bupati, merupakan inisiatifnya karena melihat potensi ekonomi yang cukup menjanjikan di KBB. Hal tersebut dilakukan guna mengembangkan dan meningkatkan perekonomian desa.

“Yang pasti meningkatkan pendapatan asli desa, meningkat pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,” terangnya.

Dirinya menyebutkan, pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengendepankan ekonomi kerakyatan. Bupati berharap, pertumbuhan BUMDes ini menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara mandiri.

“Di Desa Mart kan kebutuhan masyarakat semuanya ada, mudah-mudahan semakin maju dan berkembang untuk ke depannya. Masyarakat juga bisa dimudahkan,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan