Desa Cibeureum Raih Juara Dua Lomba Desa Tingkat Jabar

SOREANG – Lomba Desa tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah usai digelar. Setelah melalui beberapa penilaian, Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung berhasil meraih juara dua.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan mengatakan, Desa Cibeureum meraih juara dua. Sedangkan peringkat pertama diraih Desa Cibulan Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan dan peringkat tiga diraih Desa Ujung Gabang Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu.

Menurut Tata, Desa Cibeureum adalah Desa terbaik di Kabupaten Bandung. Sebab, dari 270 Desa se Kabupaten Bandung menjadi perwakilan lomba ke tingkat Provinsi Jabar. Setelah, berhasil bersaing dengan Desa se Jabar akhirnya berhasil meraih gelar juara dua.

”Sejak 18 Juni lalu, Desa Cibeureum mengikuti perifikasi dan penilaian dari tim penilai lomba Desa tingkat provinsi Jabar. Walaupun, optimis bisa mempertahankan gelar juara. Namun,   berdasarkan surat pemberitahuan yang diterima ternyata berada di urutan ke dua. Keberhasilan tersebut, patut di syukuri  untuk menjadi pemicu dan pemacu desa lainnya. Sehingga, desa yang belum pernah mengikuti lomba bisa mencontoh,” kata Tata saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Selas (2/7).

Menurut Tata, secara geografis Desa Cibeureum berada paling jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Walau lokasinya terletak diperkampungan yang berbatasan dengan Kabupaten lain, Desa Cibeureum bisa meraih prestasi. Oleh karena itu, hal tersebut harus menjadi motivasi dan inovasi bagi seleuruh Desa.

”kami mengharapkan adanya inovasi baik dalam pemberian layanan masyarakat, pembangunan dan inovasi lainnya yang bisa menjadi contoh. Jangan malu melakukan studi banding ke desa yang ada di Kabupaten Bandung, karena inovasi Desa Cibeureum patu menjadi contoh bagi Desa Desa lain,” katanya.

Tata mengakui, hasil penilain tim perifikasi jabar Desa Cibeureum masih ada kekurangan. Salah satunya, inovasi Desa yang dilakukan berkaitan dengan program pusat. Walau secara resmi, pihaknya belum mendapatkan evaluasi tentang program Desa Cibeureum dan Inovasinya.

”Dari ekspose yang dilakukan Desa Cibeureum sudah bagus, dan inovasi sudah banyak. Hasil tahun ini menjadi evaluasi kedepan untuk menetapkan desa mana yang sudah paripurna dengan mengadopsi program dari provinsi dan program pusat. Walau bagaimanapun, DPMD Kabupaten Bandung tetap bersyukur tiga kali berturut-turut masuk dalam peringkat tiga besar lomba Desa tingkat Provinsi,” akunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan