Daop 2 Lakukan Perbaikan Wesel

BANDUNG – PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung melakukan perbaikan dan perawatan wesel secara serentak untuk menghindari kecelakaan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api di kawasan Stasiun Bandung. Wesel merupakan alat untuk memindahkan kereta api dari jalur satu ke jalur lainnya

“Jalur di stasiun Bandung wesel untuk  mengarahkan arah jalur 1 dan 2 baik itu masuk atau keluar, jadi kita lakukan normalisasi wasel di 28 Stasiun Bandung,” menurut Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Saridal, saat di wawancara, Selasa (14/5).

Saridal mengatakan, wesel adalah salah satu alat penting dalam pengoperasian kereta api. Fungsinya untuk memindahkan kereta api dari jalur satu ke jalur lainnya. Sehingga pihaknya menormalkan kembali. Di tahun ini ada 10 yang baru dan ganti yang lama, terus wesel yang lain di lakukan normalisasi.

“Targetnya segera selesai, kendalanya kita harus proses lelang dulu waktunya, karena sesuai aturannya pasalnya pekerjaan tersebut tidak sedikit, begitu lelang sudah selesai langsung kita kerjakan,” katanya.

Menurutnya, perawatan-perawatan wesel di lakukan secara rutin dan ada siklus yang 3 bulanan, hak tersebut dilakukan untuk keselamatan operasi KA, dan untuk mengalihkan jalur 1 atau 2 arahnya kemana, sehingga jadi pindah ke jalurnya. “Ada 394, perbaikan masih sekitar 85-95. Sehingga H-10 harus di perbaiki semuanya, agar segera di gunakan untuk jalur mudik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Saridal, untuk kesiapan lebaran, pihaknya sudah menyiapkan Kereta Api. “Sesuai dengan yang sudah di sampaikan, kita sudah jual tiket, baik itu KA tambahan, namun kalau kereta reguler sudah habis. Terkait tambahannya sendiri pihaknya sudah menyiapkan 4 kereta dari Bandung,” pungkasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan