Damri Rute Cimahi-Bandara Kertajati Resmi Beroperasi

CIMAHI – Bus Damri jurusan Kota Cimahi menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai beroperasi sejak Selasa (20/8). Titik keberangkatannya dari Area Parkir Apartemen The Edge, Jalan Raya Baros Kota Cimahi.

Bus milik pemerintah itu mulai beroperasi pukul 02.00 WIB, 06.00 WIB, 11.00 WIB dan 15.00 WIB. Sedangkan dari BIJB Kertajati ke Kota Cimahi pukul 07.00 WIB, 11.00 WIB, 16.00 WIB dan 22.00 WIB. Untuk sementara ini, ada dua unit bus yang akan beroperasi.

Bagian Pelayanan Jasa Damri Cabang Bandung, Sandi Krisnandi mengatakan, Bus Damri yang digratiskan sampai Desember 2019 itu akan beroperasi sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Meski tanpa penumpang, bus akan tetap diberangkatkan dari Cimahi ke BIJB Kertajati maupun sebaliknya.

”Kita langsung berangkat sesuai jadwal. Pokoknya, ada atau gak ada penumpang kita tetap berangkat. Kemudian di perjalanan gak mampir-mampir lagi. Langsung lewat Tol Cipali,” ujarnya saat ditemui di The Edge, Rabu (21/8).

Berdasarkan estimasi, perjalanan dari Kota Cimahi menuju bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka itu sekitar dua jam lebih, dengan memanfaatkan akses Tol Cipali. ”Kalau lancar itu, estimasinya sekitar 2 jam. Kalau macet 2,5 jam,” sebutnya.

Dia menilai, antusias masyarakat Bandung Raya dalam menggunakan moda transportasi milik pemerintah ini sangat besar. Termasuk di Cimahi. Bahkan, kata dia, banyak masyarakat dari luar Kota Cimahi pun yang menanyakan seputar layanan Damri Cimahi-BIJB Kertajati yang baru diresmikan kemarin.

”Kemarin pas launching banyak yang nanyain. Dari sekitar Batujajar, Cililin. Yang dari Pusdik juga nanyain jadwal ke sini,” ungkapnya.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang menegaskan, sesuai kesepakatan yang telah dibuat, Bus Damri Cimahi-BIJB Kertajati harus beroperasi sesuai jadwal.

”Ada atau tidak kami sudah sepakat dengan Damri, sesuai jadwal tetap berangkat. Jadi kami berharap servis Damri sesuai dengan jadwal yang disepakati, jangan sampai molor,” tegas Ranto.

Adanya Bus Damri Cimahi-BIJB Kertajati pun disambut pengguna layanan udara di Kota Cimahi. Lukman Arifin (40), salah seorang penumpang menuturkan, tahu informasi tentang keberadaan layanan langsung ke BIJB Kertajati dari Media Sosial (Medsos).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan