Damkar Cimahi Klaim Sumber Air Aman

CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kota Cimahi menjamin musim kemarau tidak akan mengganggu pelayanan pemadaman di Kota Cimahi. Termasuk ketersediaan sumber air yang dinilai aman.

Ada tiga titik sumber air untuk Damkar Kota Cimahi diantaranya, hydrant PDAM Tirta Raharja, hydrant di depan gapura Taman Mutiara dan sumber air dari pihak swasta yakni PT Enggal yang berada di Jalan Industri.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi, Indrahadi, mengatakan, debit dan tekanan air di tiga titik sumber air itu hingga saat ini tidak terpengaruh atau tidak terdampak musim kemarau karena kondisi debit airnya masih tetap normal.

Alhamdulillah sejauh ini debitnya masih aman tidak terkendala musim kemarau. Hanya saja debit air kecil untuk di titik sumber air dari PDAM,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (17/7).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga masih bisa memanfaatkan sumber air dari aliran sungai yang ada di Kota Cimahi, seperti di daerah Cimahi Selatan meskipun kondisi airnya kotor akibat tercemar limbah pabrik.

”Kalau lagi urgent kita melakukan penyedotan air dimana saja, termasuk memanfaatkan air dari sungai. Kalau dari pabrik hanya dari PT Enggal saja, pabrik yang lainnya belum bisa,” terangnya.

Namun ketika terjadi kebakaran besar, lanjutnya, pabrik lain juga biasanya mengizinkan petugas Damkar Kota Cimahi untuk memanfaatkan sumber airnya.

”Kalau ada kebabakaran besar atau kejadiannya luar biasa, kita gedor saja dan mereka biasanya ngasih, intinya untuk pabrik yang lain kondisional saja,” ucapnya.

Meski sudah ditopang tiga titik sumber air, namun dia mengaku, jumlah tersebut ideal untuk meng-cover tiga kecamatan dengan 15 kelurahan. Namun, pihaknya masih bisa memanfaatkan sumber air di titik yang lain, meskipun sedikit terkendala ketika terjadi kebakaran di wilayah yang padat penduduk dan titik apainya berada di dalam gang.

”Kalau dilihat karakteristik wilayah Kota Cimahi yang kondisi jalannya banyak yang masih kecil, itu masih sulit untuk memadamkan api karena hanya ada tiga sumber air,” pungkasnya.(mg5/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan