DAK untuk Infrastruktur Turun Menjadi Rp 11 Miliar

NGAMPRAH– Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat untuk Kabupaten Bandung Barat tahun ini men­galami penurunan. Bantuan bagi pembangunan infrastruk­tur tahun ini hanya Rp 11 miliar mengalami penurunan ketimbang tahun lalu yang mencapai Rp 16 miliar. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Di­nas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB Muhammad Ridwan di Ngam­prah, Selasa (5/3).

Menurutnya, DAK yang cu­kup besar untuk Sarimukti-Kertamukti Rp 5,6 miliar dengan panjang 1,8 kilometer dan lebar 3 meter bagi ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti di Kecamatan Cipatat, sisanya untuk ruas Jalan Warungawi-Pasirhaur Bojongkoneng, Ngamprah. Sementara, untuk ruas jalan lainnya ada yang diperbaiki melalui program CSR dari proyek Upper Ciso­kan khususnya di wilayah selatan KBB.

“Untuk ruas jalan Sarimuk­ti-Kertamukti baru akan di­kerjakan pada tahun ini walau­pun sebenarnya ditargetkan tahun lalu sudah dikerjakan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, tahun lalu pihaknya mengusulkan tujuh ruas jalan untuk diper­baiki dengan anggaran dari DAK pemerintah pusat. Namun, yang masuk kuota untuk program perbaikan hanyalah peringkat satu sam­pai tiga, sementara ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti berada di peringkat empat. Peringkat satu sampai tiga yang dapat bantuan DAK adalah ruas jalan Simpang Tagog Apu-Salakuning, Cipatik-Nyalin­dung, dan Jambudipa- Citeu­reup.

Pihaknya memang sengaja mengusulkan perbaikan ruas Jalan Sarimukti-Kertamukti melalui pos DAK. Ini dika­renakan dana APBD kabupa­ten banyak terserap untuk berbagai program perbaikan dan peningkatan jalan, pe­meliharaan, serta pembuatan drainase. Sehingga, ketika tahun lalu tidak tercover, tidak dimasukkan ke APBD kabu­paten dikarenakan khawatir terjadi duplikasi anggaran.

“Kami sih ingin semua jalan rusak diperbaiki, tapi kan te­tap harus memperhatikan postur anggaran yang ada. Makanya ada skala prioritas dan alternatif pengajuan ang­garan apakah ke provinsi atau pusat,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan