Daftar Online, Orang Tua Siswa di SMPN 4 Cimahi Pilih Antre di Sekolah

CIMAHI – Meski pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP dilakukan secara online atau daring, namun sejumlah orang tua siswa di Kota Cimahi memilih mendaftar secara offline atau manual dengan mengantarkan berkas ke sekolah Pendaftaran PPDB dibuka Senin (1/7/2019).

Seperti yang terjadi di SMPN 4 Cimahi, orang tua siswa mengaku kesulitan melakukan pendaftaran online melalui situs https://cimahi.siap-ppdb.com yang disediakan Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Dengan adanya kendala tersebut, sejumlah orang tua siswa pun terpaksa melakukan pendaftaran secara offline. Yakni dengan cara antre, memberikan berkas ke SMPN 4 kota Cimahi dan data online-nya dimasukan oleh operator sekolah.

Seperti yang dialami Ansori (43), salah seorang wali murid menuturkan, ia lebih memilih melakukan pendaftaran offline untuk mendaftarkan anaknya melalui jalur zonasi karena ia tidak bisa melakukan pendaftaran online melalui situs PPDB online Cimahi.

“Saya lebih memilih offline disini, karena saat mencoba daftar di web PPDB Cimahi ternyata tidak bisa, malah ada informasi harus daftar melalui aplikasi PPDB jadi harus download,” ujarnya saat ditemui di SMPN 4 Cimahi.

Dikatakannya, dengan melakukan pendaftaran secara offline tersebut, ia harus mengantre demi bisa mendaftarkan anaknya ke SMPN 4 Cimahi yang memang jarak rumahnya lebih dekat.

“Daftar offline lebih antre karena banyak juga yang tidak daftar online, karena kendalanya sama tidak bisa daftar di situsnya. Mungkin karena ketidaktahuan juga,” katanya.

Hal serupa dialami, orang tua siswa yang lainnya, Sandra (40) yang lebih memilih pendaftaran PPDB jalur zonasi di SMPN 4 Cimahi secara offline karena merasa kesulitan ketika melakukan pendaftaran secara online.

“Daftarnya saya offline saja disini, biar tidak ribet. Saya sudah mencoba daftar online ternyata memang susah. Padahal kalau online tinggal verifikasi saja,” ucapnya.

Wakil Kepala SMPN 4 Cimahi, Sutarmas, mengatakan, memang pihaknya membuka pendaftaran secara offline, namun tetap pihaknya mengikuti aturan yang berlaku dengan memabantu mendaftarkan secara online.

“Betul kami membuka pendaftaran offline, tapi orang tua siswa dibantu untuk daftar online disini. Kami memang sudah siapkan panitia untuk membantu pendaftar,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan