Curug Cinulang harus Dikelola Lebih Profesional

CICALENGKA – Penataan Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, disambut baik oleh Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Bandung Mochammad Luthfi Hafiyan.

Menurut Luthfi yang merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab Bandung ini, penataan tersebut diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pengelolaan objek wisata Curug Cinulang, yang sebelumnya dianggap kurang terurus.

“Saat ini Curug Cinulang pengelolaannya oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat yang diharapkan nanti lebih profesional lagi pengelolaanya dan pemasukan ke kas Desa Tanjungwangi. Karena ada MoU antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Bandung melalui Disparbud Kabupaten Bandung dan pemerintahan Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka,” ungkap Luthfi saat ditemui di Kantor MLH Center, Cicalengka, Selasa (12/11).

Luthfi menjelaskan, bahwa pengembangan destinasi wisata Curug Cinulang telah mendapat bantuan keuangan dari APBD Jabar sebesar Rp 2,7 miliar untuk pekerjaan konstruksinya. Sehingga, dengan pengelolaan yang profesional diharapkan pula pengunjung makin merasa nyaman dan tidak akan kecewa lagi berkunjung ke Curug Cinulang, meskipun mengeluarkan tiket lebih mahal, karena sebanding dengan yang ditawarkan dan view lokasinya.

Menurutnya, bukan sekedar sarana dan prasaran di lokasi Curug Cinulang saja, namun akses infrastruksur jalan menuju Curug Cinulang pun saat ini sudah dibeton. Bahkan termasuk perbaikan drainase dan pemasangan tembok penahan tanah (TPT) di titik lokasi yang rawan longsor.

“Dalam kapasitas sebagai anggota Komisi B dan berasal dari Dapil 4, saya telah melakukan peninjauan perbaikan dan pelebaran Jalan Dampit yang menjadi akses menuju obyek wisata Curug Cinulang di Desa Tanjungwangi, untuk memastikan pengerjaan jalan dilaksanakan dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut lagi Ia menerangkan, bahwa perbaikan dan pelebaran Jalan Dampit tersebut sebagai salah satu upaya revitalisasi objek wisata Curug Cinulang. Pasalnya, infrastruktur Curug Cinulang sangat butuh penanganan serius, salah satunya terkait perbaikan akses menuju Curug Cinulang, selain sarana parkir yang lebih representatif di lokasi wisata tersebut.

“Harapan masyarakat ke depan, dengan dibangunnya jalan tersebut bisa menghubungkan jalan akses Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Sumedang,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan