Ciptakan Ruang Komunikasi dan Inovasi, Disdik Jabar Kukuhkan Forum OSIS SMK Se-Jabar

BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika mengukuhkan “Forum Organisasi Siswa Intra-Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Se-Jabar” di Aula Moh. Yamin Disdik Jabar, Jalan Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, baru-baru ini.

Usai pengukuhan, para siswa yang didampingi perwakilan kepala sekolah dari tiap wilayah kantor cabang dinas pendidikan langsung menggelar rapat pembahasan tentang forum tersebut.

Pembina Forum SMK se-Jabar, Rully Faturachman mengatakan, dibentuknya forum tersebut bertujuan mengeratkan komunikasi antara pengurus OSIS SMK dan menjadi wadah bagi siswa untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan serta memberi ruang bagi mereka untuk berinovasi, khususnya inovasi di bidang wirausaha.

”Tujuan lulusan SMK kan bekerja, melanjutkan atau berwirausaha. Nah, sisi wirausaha belum tersentuh. Melalui forum ini, kita bisa membuat jaringan untuk memasarkan produk SMK,” tuturnya.

Rully mengungkapkan, dibentuknya forum ini berawal dari Workshop Ketua OSIS SMK yang digelar Bidang Pembinaan SMK Disdik Jabar pada akhir 2018. Selanjutnya, pada ajang Aksi Nyata Untuk Bangsa (AKSI) 2019 yang diadakan Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Surabaya pada April 2019, perwakilan peserta dari Jabar merupakan siswa yang telah mengikuti workshop tersebut.

”Ternyata, siswa kita di sana menjadi peserta terbaik. Kami pun melaporkan kepada Kabid PSMK dan mendapatkan respon positif untuk dibuatkan forum ini,” paparnya.

Nantinya, lanjut Rully, beberapa program akan digagas, yakni seputar penanggulangan radikalisme dan cinta Pancasila, kesadaran hukum berlalu lintas dan antinarkoba, pemanfaatan media sosial secara cerdas, meningkatkan karakter unggul siswa SMK serta psikologi kerja.

Sementara itu, Ketua Forum OSIS SMK Se-Jabar, Mochammad Taufiq Firmansyah berharap, siswa bisa memanfaatkan forum ini dengan baik.

”Salah satunya, belajar untuk saling meningkatkan soft skill,” ujar Ketua OSIS SMKN 4 Padalarang tersebut.(dsdkjbr/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan