Cimahi Miliki Skaterpark Berstandar Asian Games

CIMAHI – Keinginan pecinta olahraga extreme sport seperti skateboard asal Kota Cimahi untuk memiliki arena bermain skate akhirnya terwujud tahun ini. Bahkan, spesifikasinya diklaim berstandar Asian Games.

Lokasinya berada di dalam Taman Kartini, Jalan Raya Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Tempat itu dipilih sebab dinilai refresentatif dan berada di kawasan Ruang Terbuka Hijau ( RTH) sehingga nemambah kenyamanan para skaters.

Keberadaan skatepark yang sudah diujicobakan pada Sabtu (2/11) itu sangat disambut antusias para skaters. Sebab, mereka selama ini sering pergi ke luar Kota Cimahi hanya untuk sekedar menyalurkan olahraga extrem tersebut.

Humas Tim Cimahi Creative (TCC), Megahudi mengatakan, perjuangan untuk membuat skatepark di Cimahi sangat panjang dan tidak mudah. Berawal dari keprihatinan karena bakat-bakat olehraga extrem Kota Cimahi selalu berlatih di kota tetangga, akhirnya ia bersama rekan-rekannya mengusulkan pembangunan arena skatepark kepada Pemkot Cimahi dua tahun lalu.

”Sebagai penghobi dan yang mendesain, perjuangan ini betul-betul sangat berharga. Karena sejak tahun 1998 kita pulang pergi ke daerah lain cari tempat main skate, baru di 2019 ini bisa dibikin skatepark di Cimahi,” ujar Mega saat ditemui di Taman Kartini, Kota Cimahi, kemarin.

Skatepark yang dibangun dengan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) itu merupakan arena extrem permanen pertama di Bandung Raya bisa digunakan tanpa perlu membayar alias gratis.

Bahan yang digunakannya pun terbuat dari beton yang berkualitas dan berstandar Asian Games, sehingga bisa jadi venue untuk event skateboard sebagai pembinaan atlet skateboard usia dini.

”Belum lagi satu-satunya skatepark permanen yang dibikin pemerintah, kalau yang di Bandung itu kan bisa dibongkar pasang,” tuturnya.

Di Skatepark itu, dibagi menjadi bagian yakni bowl ramp, street ramp, dan flat ground untuk pemula sehingga bisa belajar dengan aman tanpa menggangu skateboarder pro.

”Kita sudah pasang quarter pipe, ramp, sama part lainnya buat ngulik skill skateboardnya. Ada juga ground khusus buat yang baru belajar, jadi bisa diawasi juga,” bebernya.

Pihaknya berharap pembangunan skatepark di Cimahi ini bisa menciptakan bibit skateboarder baru yang bisa mengharumkan nama Cimahi.

Tinggalkan Balasan