Ciburuy dapat Suntikan Rp 30 Miliar

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 30 miliar yang dialokasikan untuk penataan wajah objek wisata Situ Ciburuy di Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang. Bantuan anggaran tersebut diharapkan bisa lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Insya Allah pelaksanaannya akan segera dilakukan di bulan ini. Karena konsultannya sudah ada dan anggarannya sudah tersedia. Sedangkan kita hanya penerima manfaat saja, sebab proses lelang dan pelaksanaan serta penganggarannya dilaksanakan langsung oleh provinsi,” ujar Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna ketika meninjau langsung kondisi Situ Ciburuy, Selasa (8/1).

Menurutnya, Situ Ciburuy merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Bandung Barat bahkan Jawa Barat. Hanya saja tingkat kunjungan wisatawan masih sangat rendah karena penataan dan pengelolaannya masih kurang baik.

Dengan penataan wajah Situ Ciburuy ini diharapkan mampu mendongkrak citra positif dan nama baik objek wisata yang dijadikan judul lagu terkenal ini.

“Jika sudah tertata dengan baik, saya yakin keberadaan Situ Ciburuy bisa menjadi salah satu solusi memecah konsentrasi kunjungan wisata Kabupaten Bandung Barat yang selama ini terfokus ke kawasan Lembang dan sekitarnya. Dengan demikian, sektor pariwisata akan menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi pemerintah,” harapnya.

Hingga saat ini, Kabupaten Bandung Barat menjadi destinasi wisata terbesar ke 10 di Indonesia. Dan dengan penataan Situ Ciburuy ini bisa mendongkrak hingga menjadi posisi 5 besar.

“Saya meminta seluruh stakeholder dan masyarakat Ciburuy untuk turut mendukung program baik ini. Sebab, yang akan merasakan dampak positifnya adalah masyarakat,” tuturnya.

Untuk sementara, Umbara menyebutkan, penataan dilakukan untuk mempercantik muka dan fasilitas yang bersifat urgent saja. “Jika melihat kondisi saat ini, setidaknya butuh Rp 100 miliar untuk penataan Situ Ciburuy. Diharapkan pemprov bisa memberikan kucuran dana tambahan di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan