Cibangkong Ingin Jadi Kampung Idaman

BANDUNG – Cibangkong wujudkan Kampung Idaman (Indah, Damai Mandiri) melalui tiga program di 2019. Tiga program ini sudah mulai melakukan pembenahan administrasi, pembuatan SK.

”Di tahun 2019 ini akan ada tiga inovasi yaitu Kampung Toleransi di RW 02, Kampung KB (Keluarga Berencana) di RW 05, dan optimalisasi Kampung Berkebun di RW 06,” kata Lurah Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Jana Surjana kepada Jabar Ekspres, Jumat (1/2).

Jana mengungkapkan, dalam kampung toleransi, program lebih banyak menjalankan apa yang telah disampaikan Wali Kota Bandung Oded M. Danial untuk menjaga hubungan baik warga dalam satu kesatuan NKRI.

”Di RW 02, kami akan bentuk kampung toleransi sebagaimana terdapat dua tempat peribadatan di wilayah tersebut dengan jarak yang saling berdekatan berbeda RT saja. Masjid Yayasan Darul Hidayah di RT 02, sedangkan Gereja Kristen Indonesia di RT 01,” tuturnya.

Dia menuturkan, tercatat di RW tersebut dihuni oleh 60 persen muslim. Sedangkan 40 persen beragama Kristen Protestan, Khatolik, Hindu dan Budha.

”Kami ingin menciptakan hubungan harmonisasi antara perbedaan agama tersebut. Saat ini sudah dilakukan pemberian mural di setiap gang pelita satu sampai pelita lima ditandai dengan mural yang memakai kopiah dan mural yang memakai salib,” tuturnya.

Program selanjutnya kampung KB di RW 05 yang sudah dijalankan dengan pembuatan gapura Kampung KB.

”Secepatnya akan menamakan gang di RW 05 tersebut dengan nama-nama kontrasepsi, seperti gang pil, gang kondom, gang ayudi dan nama alat kontrasepsi lainnya,” tuturnya.

Dia menambahkan tujuan kampung KB tersebut sebagai bentuk pengenalan bahwa pengetahuan tentang alat kontrasepsi tersebut penting. Termasuk sebagai penuangan di dokumen terkait delapan fungsi keluarga: agama, sosial budaya, ekonomi, hingga reproduksi.

”Tahun ini sudah sepakat dari sisi anggaran dengan LPM dan program. Sebab, Kampung KB itu miniatur Indonesia yang sejahtera,” tuturnya.

Untuk program selanjutnya yaitu pengoptimalisasian Kampung Berkebun di RW06. Kampung berkebun di sini sudah ada di RW 01 dan RW 03. Untuk 2019 ini akan lebih di optimalisasikan lagi di RW 06. (mg1/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan