Cerdas Menggunakan Gadget

Gadget sebagai media hiburan. Setelah jenuh beraktivitas belajar atau menyelesaikan tugas-tugas sekolah gadget dapat menjadi pilhan media hiburan melalui permainan yang telah diunduh, bersosial media, ataupun hanya sekedar foto-foto dengan teman temannya. Tidak ada larangan menggunakan gadget untuk hiburan asalkan tidak sepanjang waktu hanya bermain saja.

Gadget untuk melatih kecepatan berpikir. Kita sering menggunakan gadget meski dalam bermain game akan termotivasi untuk menyelesaikan permainan dan melanjutkan dengan mengunduh permainan baru yang lebih menantang sehingga secara tidak langsung mereka akan terlatih untuk berfikir lebih cepat dan kreatif. Apalagi kita bisa memanfaatkannya gadget sebagai sumber belajar, ilmu pengetahuan akan diperoleh dengan cepat, tepat, dan akurat daripada menggunakan sumber belajar teks manual. Kecepatan ini akan terus melatih untuk semakin terampil berpikir kritis dan cepat berpikir dalam menemukan solusi permasalahannya.

Gadget menumbuhkan rasa keingintahuan yang luar biasa. Bagi yang telah terbiasa menemukan informasi melalui gadget dengan akses internet berusaha menggali informasi dalam bentuk berbeda dengan sebelumnya misalnya melalui animasi, youtube, tutorial dan lain lainnya, hal itu berarti mereka siap untuk menikmati tantangan yang sebelumnya belum pernah ditemui dengan berselancar di dunia digital.

Gadget sebagai alat komunikasi dengan orangtua, teman, dan guru. Kemudahan komunikasi dengan gadget tidak terbantahkan, dengan gadget orangtua dapat berkomunikasi waktu menjemput dan posisi anak dapat selalu dipantau oleh orang tua masing-masing guna meminimalisir kejahatan. Sesama teman pengguna gadget dapat belajar bersama dan saling diskusi melalui media online, guru pun dapat berdiskusi online dengan siswa dan orang tuanya dimanapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka. Jarak, ruang, dan waktu dapat dipangkas oleh gadget.

Pembatasan waktu penggunaan gadget. Gadget memang bisa memudahkan mencari informasi dan hiburan namun perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu berharga bersama keluarga, teman, dan pergaulan dalam kehidupan nyata Penggunaan gadget yang baik tidak dilakukan secara terus menerus tetapi perlu pembatasan waktu.

Parental Control dalam Penggunaan Gadget bagi Anak. Dengan segala keunggulan dari gadget sebagai media pembelajaran, tentu diperlukannya peran orang tua dalam pengawasan agar proses kemajuan anak menjadi terarah dan memanfaatkan gadget untuk membangun minat belajar anak.  Anak perlu senantiasa dimotivasi supaya minat belajarnya konsisten dan teguh. Sifat alamiah anak-anak yang senang bermain tentu menjadi tantangan besar bagi orang tua  dalam proses ini. Memotivasi bukan berarti menanamkan paradigma bahwa belajar adalah yang paling penting dibandingkan melakukan kegiatan lainnya. Memforsir anak untuk selalu belajar tidak menjadi langkah terbaik untuk masa pertumbuhan anak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan