Cerdas Menggunakan Gadget

Contoh yang paling umum untuk menggunakan gadget dengan cerdas adalah ketika bermedia sosial. Media sosial merupakan salah satu tempat di dunia maya yang mungkin paling sering untuk kita kunjungi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakannya secara positif, maka kita akan membantu diri kita dan, mungkin, orang lain untuk menjadi lebih cerdas.

Ada beberapa contoh cerdas yang bisa kita lakukan dalam bermedia sosial, seperti membagikan konten-konten yang bermanfaat dan stop share konten-konten negatif agar timeline kita menjadi bersih. Juga, batasilah untuk share hal-hal yang bersifat sangat pribadi di media sosial. Jika kita ingin berkomentar atau pun membuat status, olah kata-kata yang ingin kita sampaikan agar pesan yang ingin kita komunikasikan tersebut bisa tersampaikan dengan jelas. Dan, janganlah sampai melakukan cyber bullying di media sosial.

Gadget sebagai media pembelajaran dan media baca, gadget dapat dimanfaatkan sebagai pendukung sarana baca dan pembelajaran. Gadget memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar tergantung spesifikasi masing-masing merek dibandingkan dengan penggunaan buku secara konvensional. Gadget mampu menyimpan puluhan hingga ratusan bahan bacaan dalam bentuk softfile atau software.

Perangkat lunak aplikasi bahan bacaan biasanya memiliki karakteristik yang beragam tergantung usia pengguna. Pada orang dewasa, bahan bacaan disajikan dalam bentuk buku elektronik sedangkan untuk anak usia dini yaitu berupa cuplikan-cuplikan layar atau sering disebut ‘slide halaman’. Pada anak, bahan bacaan juga disajikan dalam bentuk yang sangat menarik perhatian, seperti tercantumnya gambar ilustrasi yang membuat sang anak berimajinasi saat membaca bahan bacaan tersebut. Selain itu, terkadang bahan bacaan juga diberikan efek suara atau backsound yang juga menarik antusiasme dari anak.

Gadget bersifat mobile atau dapat dengan mudah dipindah-pindahkan. Ukurannya yang kecil dan pas di kantung pengguna memungkinkan penggunaan perangkat ini dimana saja. Kebutuhan pasokan listrik sebagai sumber daya utama bagi gadget juga sudah dengan sangat mudah diakses. Dengan adanya perangkat keras penyimpan daya seperti powerbank, membuat gadget sangat fleksibel penggunaannya. Sehingga, lokasi yang kurang memadai akan listrik telah teratasi dengan perangkat ini. Lalu, apabila menilik dari sifat anak-anak yang mudah bosan dengan suatu keadaan, keunggulan ini menjawab dengan lugas permasalahan tersebut. Gadget dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan