Butuh Anggaran Rp 50 Miliar

GAMPRAH– Sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang,  Kabupaten Bandung Barat (KBB) membutuhkan anggaran sebesar Rp 50 miliar. Anggaran sebesar itu di luar pembangunan infrastruktur atau sarana dan prasarana cabang olahraga.

Untuk diketahui, KBB akan menyelenggarakan 23 cabang olahraga (cabor) untuk Porprov 2022 bersama daerah lainnya yakni Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang.

“Kemarin kami sudah melakukan konsultasi teknis dengan KONI Jabar, terkait kesiapan tuan rumah dan penganggaran Porprov 2022,” kata Sekretaris KONI KBB, Lili Supriatna di Ngamprah, Minggu (24/11).

Menurut Lili, berdasarkan SK (Surat Keputusan) Gubernur Jabar Nomor 246 Tahun 2019 tentang Penunjukan Kabupaten Bandung Barat Sebagai Bagian dari Penyelenggara Porprov IV 2022, maka diharuskan untuk melakukan konsultasi mengingat penyelenggaraan Porprov Jawa Barat semakin dekat.

Lili menyebutkan, Porprov itu hajat provinsi, sementara  kabupaten dan kota hanya sebagai penyelenggara. Sehingga anggaran untuk penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Jawa Barat tersebut sebagian besar ditanggung Pemprov Jawa Barat.

Hasil konsultasi dengan KONI Jawa Barat,  disebutkan ada dua sumber anggaran untuk penyelenggaraan Porprov Jawa Barat yaitu berupa bantuan keuangan dan hibah.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur pendukung yang diusulkan oleh kabupaten penyelenggara kepada Pemprov Jawa Barat. Selain itu digunakan untuk membiayai pelaksanaan teknis penyelenggaraan baik pembukaan maupun penutupan.

“Dalam hal ini Pemkab Bandung Barat menyiapkan dana pendampingan untuk kegiatan tersebut melalui PB Porprov tingkat Kabupaten Bandung Barat yang ex officio diketuai bapak Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna,” tuturnya.

Lili menambahkan, anggaran Rp 50 miliar tersebut sebagai perhitungan kasar. Saat ini tengah menyusun kebutuhan anggarannya untuk apa saja.

“KONI mendorong Pemkab untuk berperan aktif untuk konsultasi ke Pemprov Jawa Barat terkait dengan penyelenggaraan event olahraga tersebut. Di sisi lain kesibukan kami juga saat ini terus melakukan pembinaan dan mendorong atlet agar lebih berprestasi,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan