Bupati: Penghargaan bukan Target, Tapi Pelayanan Publik Optimalkan

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendapatkan penghargaan kategori Pemkab dengan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman Republik Indonesia (RI). Penghargaan itu menunjukan, Standar Pelayanan Publik Pemkab Bandung berada pada zona hijau atau setara dengan nilai 83,73.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengapresiasi perangkat daerahnya, terutama yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat. ”Sebelumnya kita ada di zona kuning penilaian dari Ombudsman ini. Pembinaan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), sekarang loncat ke standar tinggi yakni di zona hijau,”katanya usai menerima penghargaan yang berlangsung di JS Hotel Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, Kabupaten Bandung termasuk 71 kabupaten yang masuk zona hijau, atau baru sekitar 33,02 persen dari 215 kabupaten di Indonesia. Penilaian dilakukan terhadap 62 jenis produk layanan, antara lain perizinan, kesehatan dan administrasi kependudukan.

”Capaian ini membuat indikator pelayanan publik yang tercantum dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kita terlampaui. Sebuah progres yang baik bagi kami, dalam menjalankan roda pemerintahan,”jelasnya.

Dadang didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Yudhi Haryanto dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) H. Salimin, menjelaskan, Pelayanan publik, adalah bagian dari reformasi birokrasi. Perizinan di Kabupaten Bandung, seluruhnya telah didelegasikannya ke DPMPTSP.

”Fasilitas di perizinan sudah baik, pelaksanaannya pun memudahkan masyarakat. Cukup melalui satu pintu dan beberapa perizinan sudah bisa dilakukan online,”akunya.

Dadang mengimbau jajarannya, agar raihan ini dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dalam tugas dan fungsi sebagai pelayan publik. ”Tentu kita semua berharap, ke depannya zona hijau terus dipertahankan. Sebagai catatan, penghargaan ini bukan target, tapi harus jadi motivasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada publik semakin prima,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan