Bupati Pastikan Jamaah Asal KBB Aman dan Lancar

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yang saat ini tengah menjalankan ibadah haji memastikan bahwa para jamaah dari Kabupaten Bandung Barat dalam kondisi aman usai hujan es yang melanda Mekah, Arab Saudi, Senin sore waktu setempat. Sebagian kawasan Mekah, terutama terowongan Mina terendam banjir lantaran tingginya intensitas hujan. Imbasnya, aktivitas jamaah haji pun terhambat sementara lantaran banjir. Meski demikian, petugas haji memastikan hujan yang melanda Mekah tidak berdampak pada tenda jamaah.

“Kejadian di Mina (Banjir) betul adanya, jamaah kita (Bandung Barat) kembali ke maktab yang ada di Mekah,” kata Aa Umbara melaporkan dari Mekah melalui video singkat yang dikirimnya melalui pesan WhatsApp baru-baru ini. Aa Umbara pun memastikan, kondisi jamaah haji asal Kabupaten Bandung Barat dalam keadaan baik. “Itu informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat Bandung Barat bahwa jamaah dalam kondisi baik,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bandung Barat ini juga mengimbau, agar masyarakat tidak perlu terprovokasi maupun khawatir dengan kondisi jamaah haji saat ini. “Doakan saja seluruh jamaah haji menjadi haji mabrur dan mabruroh,” terangnya.

Terpisah, Kabag Kesra pada Setda Bandung Barat, Asep Hidayatuloh menyebutkan, jika setiap tahunnya Pemkab Bandung Barat selalu mengalokasikan anggaran untuk para jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji. “Tahun ini kami menganggarkan Rp 500 juta untuk kepergian dan pemulangan jamaah. Termasuk untuk fasilitas kendaraan jamaah, konsumsi dan sewa gedung saat pemberangkatan di Pusdikav,” katanya.

Asep menambahkan, tahun ini ada  1.135 jamaah haji asal Bandung Barat yang berangkat menunaikan ibadah haji. Keberangkatan terbagi tiga kloter yakni kloter 55, 66 dan 93. “Mudah-mudahan selama menunaikan ibadah haji bisa berlangsung lancar dan aman sehingga bisa kembali ke tanah air dengan selamat,” tandasnya. (drx)

Tinggalkan Balasan