Bupati Instruksikan Kejar Puluhan Pengusaha Penunggak Pajak Hingga Tuntas

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menginstruksikan kepada jajarannya agar terus berkoordinasi dengan Kejari Bale Bandung untuk mengawal puluhan pengusaha penunggak pajak hingga tuntas. Sebab, tunggakan pajak tersebut bisa berdampak pada penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang setiap tahun ditargetkan harus naik, untuk mendukung program pemerintah yang sudah disusun dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Untuk diketahui, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat mencatat, ada 57 wajib pajak (WP) yang berlatar belakang pengusaha di beberapa sektor, mulai dari pengusaha hotel sebanyak 10 WP, restoran 10 WP, parkir 10 WP, reklame 10 WP, pajak air tanah 10 WP hingga galian C sebanyak 7 WP, menunggak pajak dengan total mencapai Rp 6,7 miliar. Namun, setelah ditangani Kejaksaan bisa ditarik Rp 2,4 miliar dan sisanya Rp 4,3 miliar masih terus dikejar.

PASANG SPANDUK: Jajaran Satpol PP dan Petugas dari BPKD Saat Memasang Spanduk Teguran di Gerbang Grand Hotel Lembang Belum Lama Ini
Foto Humas Setda Bandung Barat

“Saya minta jajaran yang berwenang menangani persoalan pajak (Pajak I di BPKD) untuk fokus mengawal tunggakan pajak para pengusaha tersebut untuk berkoordinasi dengan Kejaksaan. Bila perlu jajaran TKK (tenaga kerja kontrak) turun ke lapangan ikut membantu supaya tunggakan ini bisa ditarik di tahun ini,” kata Aa Umbara, Selasa (2/7/2019).

Orang nomor satu di Bandung Bara ini meminta, setiap perusahaan untuk taat dan patuh pada kewajibannya dalam membayar pajak. Pemerintah selama ini sudah membuka kesempatan bagi pengusaha yang ingin berinvestasi. “Namun kewajiban pengusaha juga harus membayar pajak tepat waktu. Malu lah kalau sampai menunggak gitu, apalagi sekarang harus berurusan dengan Kejaksaan, kan perusahaan di KBB juga tidak ada yang bangkrut,” sesalnya.

 

TINJAU LANGSUNG: Bupati Aa Umbara Sutisna Beserta Rombongan Kepala SKPD Saat Mengunjungi Wisata Bukit Senyum di Cikalongwetan Belum Lama Ini
Foto Humas Setda Bandung Barat

Menurut Aa Umbara, seharusnya setiap perusahaan atau pengusaha bisa ikut berkontribusi dalam mendukung program pemerintah di berbagai bidang. Sehingga kerja sama yang dibangun bisa bersinergi membangun Bandung Barat lebih maju. “Untuk program infrastruktur jalan, rutilahu, kesehatan, pendidikan, pengurangan angka kemiskinan dan program lainnya, itu sumbernya dari pendapatan atau pajak. Justru dengan taat membayar pajak tepat waktu, artinya membantu menyukseskan program pemerintah,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan