Bupati Ingatkan Soal Dana Desa

NGAMPRAH– Sebanyak 112 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi dilantik oleh

Bupati Bandung, Aa Umbara Sutisna bertempat di Plaza Mekarsari Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Jumat (27/12).

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Bandung Barat, seperti Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan, Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto, Kapolres Cimahi M. Yoris Maulana Yusuf Marzuki, para SKPD, para Camat, serta keluarga dan pendukung para Kades yang dilantik.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan selamat kepada 112 Kades yang dilantik. Bupati berharap, para Kades yang dilantik dapat menjalankan tugas dan amanah sebaik mungkin demi kemajuan masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Saya ucapkan selamat mengemban tugas untuk enam tahun ke depan. Jalankan tugas dan jaga amanah masyarakat untuk pembangunan desa lebih baik. Seorang Kades harus bisa menjadi sosok pemimpin dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat,” ujar Bupati di sela pelantikan.

Bupati juga berpesan, para Kades yang dilantik ini memiliki kewajiban meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksankan kehidupan berdemokrasi, menjalin ubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa, serta menati dan menegakkan seluruh peraturan perundang-undangan.

Selain itu, kata Bupati, dalam hal pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. “Hal ini penting diketaui, karena desa saat ini mengelola anggaran yang cukup besar. Sehingga perlu disikapi dengan penuh kehati-hatian dan penuh tanggungjawab,” imbuhnya.

Bupati juga meminta kepada para Kades untuk mengimplementasikan jargon Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius (AKUR). Para Kades juga harus bisa menyelaraskan program dengan Pemkab Bandung Barat.

“Hal itu merupakan wujud keseriusan Kades terpilih dalam memajukan masyarakat Bandung Barat. Sehingga, wajib mengimplementasikan visi dan misi AKUR dalam enam tahun ke depan kepemimpinnnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat, Wandiana menambahkan, pihaknya merasa lega pelaksanaan Pilkades serentak berjalan lancar dan aman. “Pelantikan ini menandakan semua proses Pilkades sudah sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan