Bupati Gelorakan Perubahan bagi ASN

NGAMPRAH– Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur) sejak memimpin 20 September 2018 lalu memberikan warna baru dalam kepemimpinan di hadapan seluruh pejabat dan ASN.

Salah satunya soal sikap religius yang ditularkan bagi seluruh ASN. Setiap Senin, seusai apel pagi, ribuan ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat selalu melanjutkan kegiatan dengan salat duha berjamaah di Masjid Ash-Shiddiq yang berada di lingkungan kompleks Pemkab Bandung Barat

Selain menggerakan sikap religius, sikap disiplin dalam masuk dan pulang kerja, serta kehadiran ASN dalam apel pagi menjadi perbaikan di internal birokrasi.

Ini dikarenakan ada kesan apel Senin pagi adalah hal yang tidak penting, sehingga Bupati Aa Umbara mencoba mendobrak tradisi kurang baik tersebut.

“Apel Senin pagi adalah bagian dari rutinitas pekerjaan ASN sehingga mereka wajib hadir tepat waktu. Bagi yang terlambat atau tidak ikut apel, mereka akan diberikan sanksi,” kata Umbara di Ngamprah baru-baru ini.

Dia mengaku cukup berbesar hati dengan semakin antusiasnya ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat datang tepat waktu mengikuti apel pagi. Ini menandakan tingkat kesadaran dan kedisiplinan ASN di bawah kepemimpinannya mulai meningkat.

Umbara juga secara terus menerus mengajak anak buahnya untuk meningkatkan kehidupan spiritual dengan melakukan salat subuh berjamaah setiap Jumat dan salat Duha berjamaah seusai apel Senin pagi.

Menurut Umbara, dengan meningkatnya disiplin pegawai dan kehidupan spiritual yang lebih baik, bisa menular kepada kinerja. Dengan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui salat Duha dan Subuh berjamaah, ada dampak psikologis yang dirasakan.

ASN bisa bekerja dengan jujur, bersih, tidak korupsi, sesuai dengan visi dan misi Akur yakni Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius. “Saya memang punya program setelah Apel pagi dilanjutkan salat Duha berjamaah di masjid pemkab. Alhamdulilah kehadiran ASN terus meningkat dari awalnya hanya ratusan, minggu lalu 1.994, dan minggu ini naik menjadi 2.200 dari total 2.400 ASN. Ini adalah sebuah rekor tersendiri karena selama 10 tahun Bandung Barat berdiri belum pernah kehadiran ASN saat apel mencapai sebanyak itu,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan