Bunda Literasi Diharapkan Mampu Percepat Budaya Membaca

CIREBON – Pengukuhan Bunda Literasi tingkat Kota Cirebon diharapkan mampu mempercepat budaya mem­baca di kalangan masyarakat. Budaya membaca akan me­ningkatkan kemampuan ma­syarakat terutama generasi muda dan anak-anak.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis saat melantik pengurus Bunda Literasi tingkat Keca­matan dan Kelurahan se Kota Cirebon tahun 2019 di Ruang Adipura, Rabu (20/2).

Tampak hadir Bunda Lite­rasi Kota Cirebon yang juga Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.

“Tentu keberadaan Bunda Literasi akan menjadi moti­vator bagi anak-anak kita untuk gemar membaca dan menulis,” ungkap Azis.

Azis menambahkan, pi­haknya berharap orangtua terutama Bunda Literasi harus mengajak anak-anaknya mem­baca ke perpustakaan. Per­pustakaan menjadi gudang ilmu yang memiliki berbagai catatan melalui buku yang ada.

“Mari kita tunjukan kepada warga Indonesia bahwa ma­syarakat Kota Cirebon memi­liki hobi gemar membaca dan menulis. Hal ini tentu untuk meningkatkan kemampuan­nya sehingga memiliki ilmu yang cukup untuk menggugah generasi inovatif,” kata Azis.

Sementara, Eti mengatakan keyakinannya jika Bunda Li­terasi tingkat Kecamatan dan Kelurahan dapat meningkat­kan minat baca masyarakat. Bunda memiliki kedekatan dengan anak karena hampir setiap waktu bertemu.

“Ibu-ibu lebih dekat dengan keluarga sehingga program Bunda Literasi sangat tepat untuk mempercepat minat baca dan menulis masyarakat. Ternyata dengan berbagai pengalaman Bunda Literasi juga memiliki berbagai ino­vasi,” ujar Eti.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjut Eti sedang membuat program pojok baca. Pojok baca diupayakan ada di setiap RW sehingga masyarakat dapat meman­faatkan buku untuk mening­katkan kemampuannya melalui membaca

“Harapan kami ini akan juga menjadi wahana bagi semua untuk terus mening­katkan kemampuannya teru­tama anak-anak,” ujarnya.

Sedangkan Bunda Literasi tingkat Kecamatan Kejaksan, Sri Rejeki mengatakan pi­haknya senang dapat men­jadi Bunda Literasi. Ilmu yang dimilikinya dapat dimanfaat­kan untuk keluarga dan ma­syarakat sekitar.

“Mudah-mudahan kami sebagai Bunda Literasi dapat meningkatkan minat baca anak dan ibu yang ada di Ke­camatan Kejaksan,” tandasnya.(rmol/ziz)

Tinggalkan Balasan