BPKD Gulirkan Program Sensus Aset

NGAMPRAH– Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat menggulirkan program Sensus Aset untuk mengetahui secara jelas jumlah aset limpahan dari Kabupaten Bandung kepada Kabupaten Bandung Barat sejak pemekaran tahun 2007 silam.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bandung Barat, Agustina Piryanti mengungkapkan, Sensus Aset merupakan program yang sudah mulai dijalankan, bertujuan untuk mendata aset-aset yang belum tercatatkan di bidang aset. Melalui sensus ini akan terlihat total aset yang dimiliki Pemkab Bandung Barat. “Tahun ini baru dimulai dan kita harapkan hasilnya bisa terlihat berapa total nilai aset yang kita miliki,” kata Agustina di Ngamprah, Kamis (25/7).

PROSES PENYERAHAN: Kepala Kejari Kabupaten Bandung, Toto Sucasto Saat Menandatangani Penyerahan Putusan Perkara Gugatan Pasar Panorama Lembang
Foto: IG @aa.umbara

Menurutnya, dasar dilakukan Sensus Aset karena ada arahan dari Koordinator Unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) KPK serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pencatatan aset dengan tertib dan benar. “Aset milik pemkab itu berharga sehingga harus tercatatkan dengan baik sesuai dengan arahan Korsupgah KPK dan tidak menjadi temuan BPK. Sekarang kita tata terus melalui program sensus aset yang tengah berjalan,” katanya.

Dirinya juga tidak memungkiri adanya konflik atau saling klaim dengan pihak yang mengaku dari ahli waris soal status tanah di beberapa titik di Kabupaten Bandung Barat. Sehingga melalui program baru ini akan terlihat juga mana aset yang belum tersertifikasi dan mana aset yang masih bersengketa atau dalam proses hukum dengan pihak yang mengaku dari ahli waris. “Kalau ada lahan pemkab diklaim jadi lahan milik ahli waris, tentu kita lakukan upaya hukum seperti menempuh ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),” kata dia.

TINJAU KE LOKASI: Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna Saat Menyaksikan Pemasangan Plang Papan Nama Aset di Area Pacuan Kuda Lembang Belum Lama Ini
Foto: Humas Setda Bandung Barat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan