Bottas Podium, Hamilton Juara Dunia

JAKARTA – Dua Pembalap Mercedes-AMG berjaya di Grand Prix Formula 1 Amerika Serikat, Senin (4/11) dini hari WIB. Valtteri Bottas yang start terdepan mampu menyelesaikan balapan dengan sangat baik, sementara Lewis Hamilton akhirnya mengunci gelar Juara Dunia yang keenam kali.

Balapan berlangsung di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Bottas tampil mulus sejak start. Pembalap 30 tahun ini melahap 56 lap dengan catatan waktu tercepat, 1 jam 33 menit 55.63 detik.  Mengekor di belakannya, ada Hamilton yang memulai balapan dari posisi start kelima. Secara bertahap pembalap Britania Raya ini memperkecil jarak yang hanya terpaut 4.148 detik dari Bottas.

Hamilton kemudian mengekor di posisi kedua. Memulai race dari posisi keempat, pebalap Britania Raya itu finis kedua dengan catatan waktunya hanya terpaut 4.148 detik dari Bottas. Dirinya sempat mengungkapkan, bahwa balapan ini tentu akan merepotkan. Pasalnya, start dari posisi 5 menuntut dirinya harus bisa menyalip dua pembalap Ferrari dan Red Bull.

Sukses finis di belakang Bottas, akhirnya membawa Hamilton menggenggam titel juara dunia F1 2019. ”Balapan yang sangat penuh perjuangan kali ini. Valtteri lakukan balapan yang sangat luar biasa,”kata Hamilton menyanjung rekan setimnya itu.

Tambahan 18 poin membuat raihan poin Hamilton tidak akan terkejar Bottas di dua race tersisa, di Brasil, dan Abu Dhabi.

Kini Hamilton mengoleksi 381 poin, sementara Bottas di tempat kedua dengan 314 poin. Selisih poin keduanya mencapai 67 poin. Adapun Bottas, meski pupus untuk mengunci gelar juara dunia, ia memberikan selamat kepada Hamilton.

”Senang bisa menang di sini. Mobil sangat kencang dan pekan balapan yang sangat bagus. Ucapan luar biasa buat Lewis. Masih ada kesempatan buat saya tahun depan, dirinya memang patut meraihnya,” pungkasnya. (mg8/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan