Beragam Kopi Jabar Tersaji dalam WJSCF 2019

BANDUNG– Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern saat ini. Untuk itu, saatnya bagi Jawa Barat sebagai salah satu produsen kopi untuk mengenalkan kopi Jawa Barat kepada masyarakat baik nasional maupun Internasional salah satunya melalui event West Java Specialty Coffee Festival (WJSCF) 2019.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum pada saat membuka event WJSCF 2019 yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, di TSM Bandung, Jumat (1/11) lalu.

“Melalui event ini, kita harus mengenalkan, mengangkat bahwa di Jabar banyak sekali potensi kopi yang sangat enak dengan kualitas kelas dunia. Pada kesempatan ini ada buyer dari negara Malaysia, Singapura, Vietnam dan beberapa negara lainnya, untuk mengenalkan kopi Jabar kepada dunia Internasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Arifin Soedjayana  menambahkan, West Java Specialty Coffee Festival 2019,  diselenggarakan pada tanggal 1-2 November 2019 di Trans Studio Mall Bandung, ini ditujukan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan industri kopi Jabar.

Industri kopi di Jabar memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan karena didukung bahan baku yang berkualitas. Seperti diketahui, kopi asal Jabar memiliki memiliki jenis kopi yang beragam dan potensial sebagai komoditas yang menjanjikan di pasar nasional maupun Internasional.

Kopi Jabar juga memiliki cupping score yang tinggi sehingga termasuk dalam segmen specialty coffee (kopi premium).

Dari sisi historis, kopi Jabar dikenal dengan istilah Java Preanger telah sangat populer di dunia dengan istilah A Cup of Java atau Secangkir Kopi dari Jawa.

“West Java Specialty Coffee Festival diselenggarakan untuk lebih memperkenalkan keunggulan seluruh kopi Jawa Barat ke khalayak luas, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi maupun pelaku industri kopi, khususnya di Jabar,” ujarnya.

Ajang ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas kopi yang ada di Jabar agar dapat sejajar dengan kopi dari daerah dan negara lain di skala Internasional. Lebih lanjut, melalui kopi diharapkan akan membawa Jawa Barat mendunia.

Tahun ini, kegiatan diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan Specialty Coffee Association of Indonesia dan Asean Coffee Federation (ACF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan