Belasan Situs Bersejarah Akan Didaftarkan Menjadi Cagar Budaya

Saat ini, Bandung Barat baru memiliki satu cagar budaya nasional, yakni Observato­rium Bosscha di Lembang. Sementara itu, Gua Pawon di Cipatat baru mendapatkan pengakuan sebagai cagar bu­daya di tingkat provinsi.

Selain berusia lebih dari 50 tahun, kriteria cagar budaya di antaranya memiliki pola fungsi ruang yang represen­tatif pada masa tersebut, dan memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan ke­budayaan. “Selain itu, keas­lian bangunan harus terjaga. Jika struktur dasarnya sudah berubah, meski usianya ra­tusan tahun, itu tidak masuk kriteria,” ucap Aa.

Kasi Sejarah dan Kepurba­kalaan pada Disparbud Ka­bupaten Bandung Barat, Pe­pen Sopandi menambahkan bahwa pihaknya masih terus menginventarisasi situs budaya di sejumlah daerah. Sebagian besar situs bersejarah itu merupakan makam keramat. “Kebanyakan, lokasinya me­mang berada di daerah pe­gunungan. Jadi, aksesnya cukup sulit,” ujarnya.

Meski demikian, situs-situs tersebut masih sering dikun­jungi warga baik dari dalam maupun luar daerah. Biasanya, mereka mengunjungi makam-makam keramat pada waktu-waktu tertentu, seperti saat Maulid Nabi.

Pihaknya tahun lalu juga sudah melakukan perbaikan di beberapa situs yang rawan rusak. “Ada juga perbaikan infrastruktur menuju situs bersejarah tersebut,” pung­kasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan