Beberapa Kepokmas Naik Harga

Sekda, Jelang Ramadan Memastikan Harga dan Stok Kepokmas Aman

SOREANG – Untuk Memas­tikan harga kebutuhan pokok Masyarakat (Kepokmas) Men­jelang datangnya bulan Ra­madhan Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Bandung meninjau pasar tradisional.

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana bersama dengan Wakapolres Bandung Kompol Mikra Nuddin Syahputra, Ke­pala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Poppy Hopipah dan Kepala Dinas Pangan Dadang meninjau langsung harga di pasar tradisional, Jumat (3/5/2019).

Teddy mengatakan, ada be­berapa kepokmas yang men­galami kenaikan harga. Tapi tidak terlihat signifikan, hanya saja harga bawang putih yang dinilai masih saja melambung, sehingga saat ini yang men­jadi sorotan.

”Kenaikan bahan pokok masih aman, namun setelah dilakukan pemantauan bawah putih agak susah. Sehingga, harganya melonjak. Kami akan konfirmasi ke bulog dan ke distributor dan pemasok, ten­tang stoknya,” jelas Teddy saat ditemui usai melakukan sidak di pasar Soreang.

Menurutnya, kesediaan ba­han pangan lainnya, seperti sembako, ayam, daging dan sayuran lainnya terbilang aman, meskipun ada kenaikan namun tidak signifikan.

”Kita pantau bersama-sama kepokmas, beras, ayam, telur, dan sembako yang lainnya berdasarkan pantauan, distribui masih lancar, stok aman, harga fluktuatif memang ada ke­naikan. Tapi harga beras turun. Kami akan terus memantau secara berkala kenaikan harga kepokmas jelang Ramadhan dan pe­rayaan Idul fitri,” akunya.

Hal yang sama dikatakan Kadisperindag Poppy Hopipah menurutnya, pihaknya me­rasa aman karena jelang Bu­lan Ramadhan harga beras merangkak turun. Yakni harga beras medium yang biasanya Rp. 9.000 perkilogram, kini hanya Rp. 8.500 perkilo­gramnya.

”Kami merasa lega, karena harga beras turun yang me­dium biasanya Rp. 9.000 per­kilogram, hari ini Rp. 8.500 perkilogram. Beras premium yang biasanya Rp. 13.000 per­kilogram, hari ni Rp. 12.500 per­kilogram,” akunya.

Poppy menjelaskan, bebe­rapa harga bahan pokok yang naik diantaranya, minyak goreng yang naik hingga Rp. 500, gula putih Rp. 1.000, hingga yang paling tinggi ya­kni bawang putih byang naik hampir 100 persen dari harga Rp. 30.000 perkilogram, hari ini Rp. 60.000 perkilogramnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan