Bawaslu Sampaikan Catatan ke KPU

SOREANG – Bawaslu Kabu­paten Bandung telah meny­ampaikan catatan hasil peng­awasan kepada KPU, sebagai bahan perbaikan pada per­helatan pesta demokrasi. Terlebih, pada 2020 Kabupa­ten Bandung akan menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Koordinator Divisi Penga­wasan, Humas dan Hubung­an Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia mengatakan, proses rekapitulasi suara hasil pero­lehan Pemilu serentak 2019 tingkat Kabupaten Bandung telah dituntaskan pada Ming­gu (5/5) malam. Dengan de­mikian, pelaksanaan rekap hampir memakan waktu se­pekan.

”Bisa jadi, pelaksanaan rekap di Kabupaten Bandung ini menjadi yang terlama diban­dingkan daerah lain. Hal ini karena dinamika yang terjadi dalam forum begitu hidup dan menjadi hal yang positif bagi penyelenggara pemilu, karena semua pihak telah menyampaikan pendapatnya,” Jelas Hedi saat ditemui War­tawan di Soreang, Senin (6/5).

Menurut Hedi, selanjutnya proses rekap akan dilaksana­kan di tingkat provinsi yang rencananya akan dimulai pada Rabu (8/5) dan pun­caknya pada 22 Mei KPU RI akan membacakan hasil rekap secara nasional atau diketa­huinya pemenang Pemilu 2019 secara resmi.

Dijelaskan Hedi, sejak hari pertama rekap pada 29 April lalu, hampir semua yang disampaikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapatkan koreksi dari Bawaslu dan saksi peserta pemilu. Hal ini lantaran ada­nya ketidaksesuaian dalam penyajian data pemilih dan pengguna hak pilih baik DPT, DPTb dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Meski demikian, kesalahan dalam penyampaian data pemilih tersebut sama se­kali tidak mempengaruhi atau merubah perolehan suara peserta pemilu atau calon legislatif maupun suara par­tainya. Kecuali, pada hari terakhir Bawaslu menemukan ada kesalahan input perolehan suara sejumlah calon DPD dan caleg DPRD Kabupaten Bandung dari Partai Demokrat, PAN, Nasdem dan PKB.

”Saat menemukan hal yang demikian langsung kami sam­paikan kepada pimpinan si­dang dalam hal ini KPU dan disaksikan saksi parpol atau peserta pemilu lainnya. Kesa­lahan input ini kami sanding­kan dengan data yang ada di DA1 yang telah dituntaskan oleh masing-masing kecama­tan,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan