Bawaslu Sampaikan Catatan ke KPU

Misi Bawaslu dalam men­jaga kemurnian perolehan suara para peserta pemilu yang merupakan mandat ra­kyat diupayakan untuk dilaks­anakan secara maksimal. Begitu juga yang telah dila­kukan KPU dan jajarannya di Kab Bandung patut diapre­siasi karena telah bekerja keras memberikan yang terbaik selama kontestasi elektoral ini.

”Agar kesalahan serupa tidak terulang lagi, kami telah sam­paikan catatan kepada KPU untuk meningkatkan Bim­bingan Teknis terkait dengan prosedur dan mekanisme pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya, mendo­rong KPU Kabupaten Bandung agar memperhatikan proses kinerja jajaran KPPS, PPS dan PPK dalam melaksanakan persiapan hingga pelaksana­an pemungutan dan per­hitungan suara. Sedangkan, terkait kelengkapan keterse­diaan surat suara, KPU Kabu­paten Bandung agar mem­perhatikan prinsip dalam pengadaan dan pendistribu­sian logistik.

”Prihal hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara, KPU Kabupaten Bandung agar memperhatikan jajarannya untuk lebih pro­sedur pelaksanaan rapat pleno perhitungan suara di kecamatan. Mereka harus lebih teliti dan menjaga aku­rasi data pemilih, penggu­naan hak pilih, pemilih disa­bilitas, penggunaan surat suara dan suara sah dan tidak sah terutama terkait rekapi­tulkasi perhitungan suara,” Jelasnya.

Menurut pantauan, Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden no urut 02, Prabowo Subianto dan San­diaga Uno berhasil unggul signifikan dari paslon no urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Maruf Amin di Kabupaten Bandung dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019, Rabu (17/4) lalu.

Hal itu berdasarkan hasil rekapitulasi suara Komisi Pe­milihan Umum (KPU) di ting­kat Kabupaten Bandung. Dimana, dokumen tersebut sudah ditandatangani oleh pimpinan KPU dan saksi dari masing-masing pasangan calon serta telah ditetapkan, Minggu (5/5).

Dalam dokumen tersebut, pasangan Prabowo Sandi memperoleh raihan suara sebanyak 1.246.921 dari total suara di 31 kecama­tan. Sedangkan pasangan Jokowi-KH Maruf Amin mendapatkan 778.826 su­ara. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan