Bangun Air Mancur Berbau Impor

CIMAHI – Taman air mancur seharga Rp 814.983.547 akan dibangun di Bunderan Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Uang itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Kepala Seksi Dekorasi dan Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini mengatakan, pembangunan air mancur akan segera dilaksanakan oleh pemenang tender asal Jakarta, yakni PT Eckhom seharga Rp 814.983.547. Pembangunan air mancur ditargetkan selesai akhir tahun.

”Baru mau mulai, lagi disiapkan SPK (surat perintah kerja) dan lain-lain. Harus beres akhir tahun,” kata Mira saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis (10/10).

Menurut Mira, uang ratusan juta itu sebetulnya tergolong murah untuk membangun sebuah air mancur. Sebab, pengadaan seperti untuk nozzle atau perangkat utama air mancur yang berfungsi untuk menyemburkan air, kemudian pompa dan alat lainnya harganya cukup mahal.

”(Alatnya) mahal. Harusnya lebih dari itu (anggarannya),” ujarnya.

Dikatakan Mira, untuk memenuhi kebutungan barang itu, sejumlah barang akan didatangkan dari luar negeri. Untuk alasannya, kata dia, itu menjadi kewenangan pihak pemenang tender. Pihaknya hanya sebagai penyedia anggaran.

”Pompa sama nozzle-nya impor. (Mungkin) kalau pengalaman konsultan yang lokal tidak tahan lama,” katanya.

Dia melanjutkan, air mancur ini menjadi yang pertama di Kota Cimahi. Selain untuk dekorasi kota, keberadaan air mancur tersebut tentunya akan mempercantik Kota Cimahi dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk spot swafoto atau selfie.

”Ini baru yang pertama air mancur di Cimahi sebagai penambahan dekorasi kota,” tandasnya.

Selain pembangunan air mancur, pihaknya juga bertanggungjawab atas pembangunan Taman Segitiga Gandawijaya-Gedong Empat-Sriwijaya yang saat ini tengahr digarap oleh CV Sejahtera Bersama. Anggaran untuk pembangunan taman di tanah milik TNI itu mencapai Rp 963.059.121.

”Taman itu udan running. Desember harus selesai,” tutur Mira.

Selain akan dipasang alat alutsisa, Taman Segitiga itu juga akan dibuatkan semacam plaza dan tempat duduk tahun ini. Kemudian ke depan akan dibuatkan juga seperti patung dan ornamen lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan