Bandung jadi Percontohan Smart City

BANDUNG-Pemerintah Kota Bandung dan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menandatangani perjanjian kerja sama terkait pengembangan implementasi smart city.

Penandatanganan dilaku­kan oleh Kepala Dinas Komu­nikasi dan Informatika Kota Bandung, Ahyani Rangkas­nagara dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informa­tika Kubu Raya, TH. C Ley­dianto yang diwakili Sekre­taris Diskominfo Kubu Raya, Edi Mudianto di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukan­cana, Jumat (22/2).

Penandatangan ini disaksi­kan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra­wan. Usai penandatangan, Bupati Kubu Raya, Muda Ma­hendrawan mengakui Kota Bandung layak menjadi per­contohan untuk Kabupaten Kubu Raya. Pasalnya, pelaks­anaan smart city di Kota Bandung telah terbukti dan terus berkembang.

“Saya perhatikan Pemkot Bandung terus mengembang­kan aplikasi. Baik itu e-go­vernment dan smart city-nya. Maka dari itu kita ingin be­lajar dan transfer ilmu apa dari sini. Kita akan imple­mentasikan,” ujarnya

Menurut bupati yang baru dilantik ini, untuk percepa­tan e-government, Kabupa­ten Kubu Raya mendupli­kasi dari Kota Bandung. Ini merunurnya, bisa mengembangkan percepatan roda pemerintahan.

“Pertama yang kita tuju itu percepatan e-government. Mengembangkan agar pe­layanan kita semakin baik,” kata Bupati yang baru 6 hari dilantik itu.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulya­na mengatakan, Kota Bandung terbuka lebar un­tuk siapa pun yang ingin bekerja sama. Apalagi jika kerja sama itu bisa mengha­silkan pembangunan maupun pelayanan yang optimal.

“Setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan. Melalui konsep kolaborasi, menjadi media saling ber­tukar pengalaman dan tek­nolog,” katanya.

Yana mereferensikan se­jumlah aplikasi kepada Ka­bupaten Kubu Raya. Di an­taranya, aplikasi Sabilu­lungan dan E-Renumerasi.

“Kita harap kerja sama ini dapat mewujudkan tata kelola dengan transparansi dan akuntabilitas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Di­nas Komunikasi dan Infor­matika Kota Bandung, Ahyani Rangkasnagara men­gungkapkan, perjanjian kali ini lebih fokus terhadap smart city khususnya e-government.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan