Bakal ada Patung Gajah Dikelilingi Air Mancur

CIMAHI – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi mulai menggarap taman air mancur seharga  Rp 814.983.547 mulai dibangun di Bunderan Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Taman tersebut digarap PT Eckhom.

Berdasarkan pantauan pada Rabu (20/11), sejumlah pekerja tengah mengerjakan pembesian lantai dan dinding kolam. Nantinya, di tengah kolam akan dipasang gajah yang yang dikelilingi air mancur.

Kepala Seksi Dekorasi dan Pertamanan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini mengatakan, pembangunan air mancur dilaksanakan oleh pemenang tender asal Jakarta, yakni PT Eckhom. Pembangunan air mancur ditargetkan selesai akhir tahun.

”Iya udah mulai dibangun. Tahun ini ditargetkan sudah rampung,” kata Mira saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (20/11).

Tahun ini, terang Mira, akan didahulukan pembuatan air mancur dan pedestalnya sebagai dudukan patung gajah. Taman air mancur nantinya akan dilengkapi juga dengan permainan lampu di malam hari.

”Luas total area kolamnya sekitar 277,45 meter. Tapu unttuk patung gajahnya kami masih bahas penyediaan anggarannya. Semoga terealisasi tahun depan,” ujarnya.

Menurut Mira, uang ratusan juta itu sebetulnya tergolong murah untuk membangun sebuah air mancur. Sebab, pengadaan seperti untuk Seperti nozzle atau perangkat utama air mancur yang berfungsi untuk menyemburkan air, kemudian pompa dan alat lainnya harganya cukup mahal.

”(Alatnya) mahal. Harusnya lebih dari itu (anggarannya),” ucapnya.

Dikatakan Mira, untuk memenuhi kebutungan barang itu, sejumlah barang akan didatangkan dari luar negeri. Untuk alasannya, kata dia, itu menjadi kewenangan pihak pemenang tender. Pihaknya hanya sebagai penyedia anggaran.

”Pompa sama nozzle-nya impor. (Mungkin) kalau pengalaman konsultan yang lokal tidak tahan lama,” jelasnya.

Dia melanjutkan, air mancur ini menjadi yang pertama di Kota Cimahi. Selain untuk dekorasi kota, keberadaan air mancur tersebut tentunya akan mempercantik Kota Cimahi dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk spot swafoto atau selfie.

”Ini baru yang pertama air mancur di Cimahi sebagai penambahan dekorasi kota,” tuturnya.

Selain pembangunan air mancur, pihaknya juga bertanggungjawab atas pembangunan Taman Segitiga Gandawijaya-Gedong Empat-Sriwijaya yang saat ini tengah digarap oleh CV Sejahtera Bersama. Anggaran untuk pembangunan taman di tanah milik TNI itu mencapai Rp963.059.121.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan