Arus Mudik Tahun 2019 Lebih Baik dibanding Tahun Sebelumnya

SOREANG – Polres Bandung mengklaim Kelancaran arus mu­dik dan arus balik di jalur selatan Jawa Barat tahun 2019 ini, jauh lebih baik ketimbang tahun 2018 lalu. Sejak sepekan sebelum leba­ran hingga, Minggu (9/6), hanya sekali terjadi kemacetan total yang terjadi pada H+2 Idulfitri.

Kasatlantas Polres Bandung AKP Hasby Ristama menga­takan, kalau disbanding tahun sebelumnya kondisi jalur mudik lancar. Kelancaran jalur tersebut, tidak lepas dari tugas semua personel Kepolisian Resor Bandung.

Menurutnya, bahwa polisi menerapkan enam pendeka­tan untuk mengatasi kepada­tan lalu lintas di bawah wi­layah hukum Polres Bandung di Jalur selatan Jawa Barat mulai dari Nagreg hingga Ci­leunyi. Pendekatan tersebut diantaranya, yang pertama Menerapkan Sistem One Way

Pendekatan pertama, yakni dengan menerapkan skema lalu lintas satu jalur alias one way. Skema itu dilakukan tiap kali jalur Nagreg mengalami kepadatan.

”Bahkan, hari ini kami sudah melakukan sistem one way se­banyak tiga kali. Dari arah Garut dan Tasik menuju Bandung via Nagreg, kami terapkan one way,” ungkap Akp Hasby Ristama saat di wawancara, Senin (10/6).

Hasby menjelaskan, petugas kepolisian juga mensterilkan terowongan Lingkar Nagreg. Pasalnya dengan mensterilkan sejumlah jalur yang menjadi hambatan lalu lintas, salah sa­tunya ialah terowongan Nagreg.

”Jadi kami turunkan petugas untuk berjaga di sana, dan meng­ingatkan pemudik untuk tidak berhenti dan selfie. Itu bisa men­jadi hambatan. Sebelum jem­batan Nagreg itu jalurnya tanja­kan cukup panjang. Apabila ada hambatan, akan menjadi kepa­datan yang parah,” katanya.

Menurutnya, jalur tiga ban­ding satu di Jalan Raya Nagreg Pendekatan ketiga ialah dengan membagi lalu lintas Jalan Raya Nagreg yang di­tempuh para pemudik arus balik setelah melintasi kawa­san Nagreg. Jalan Raya Nagreg yang mulanya dipakai dengan sistem dua banding dua (ma­sing-masing dua jalur ke arah timur dan barat), kini diubah menjadi tiga banding satu.

“Tiga jalur untuk laju ken­daraan menuju Jakarta dan Bandung, sementara satu jalur untuk kendaraan yang menga­rah ke Garut dan Tasikmalaya. Skema tersebut dilakukan mengingat fokus Polres Bandung saat ini adalah me­lancarkan arus balik pascamu­dik 2019,” terangnya.(yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan