Antisipasi Tumbang, PP Tebang Pohon

JATINANGOR – Mengantisipasi adanya pohon tumbang saat musim hujan, Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Jatinangor, melakukan penebangan pohon yang dianggap berpotensi membahayakan masyarakat, Kamis (31/1).

Ketua PAC PP Jatinangor, Arif Ogah mengatakan, pohon tersebut berada di Dusun Marga Mekar RW 12 Desa Hegarmanah. Pohon tersebut, sudah rawan tumbang karena kondisinya sudah keropos. “Tiga pohon yang ditebang, dinilai membahayakan pengguna jalan lantaran sudah tua atau lapuk. Sebelum memakan korban maka kami tebang,” ujarnya.

Selain di Hegarmanah, ada beberapa titik yang rawan bencana pohon tumbang. Namun pihaknya melakukan penebangan secara bertahap. Dikatakannya, pada kegiatan turut hadir unsur Pemerintahan Desa Hegarmanah, Polsek Jatinangor dan Koramil Jatinangor.

“Sedangkan anggota Pemuda Pancasila PAC Jatinangor yang terjun, sebanyak 40 orang,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Desa Hegarmanah Jatinangor dibantu pihak kepolisian juga menebang pohon yang sudah keropos.

Kepala Desa Hegarmanah, Dede Sumitra mengatakan, sebanyak tiga pohon besar ditebang oleh warga dibantu polantas Polsek Jatinangor. Sebab, pohon itu sudah lapuk dan keropos. Dikhawatirkan pohon tumbang dan membahayakan pengguna jalan.

“Pohonnya lumayan besar jadi harus menggunakan gergaji mesin. Agar tidak mengenai penggunaan jalan,  polisi mengatur arus lalu lintas dengan cara tutup buka,” kata Dede.

Menurut Dede memasuki musim penghujan pohon tumbang dan angin kencang bisa terjadi sewaktu waktu. Sehingga pencegahan lebih baik daripada sudah terjadi. (imn)

Tinggalkan Balasan