Antisipasi Banjir, BPBD Distribusikan Perahu Fiber

SOREANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung merealisasikan permintaan masyarakat Kecamatan Baleendah, terkait sarana evakuasi untuk digunakan di wilayah yang rutin dilanda banjir.

Kepala Bidang logistic dan kedaruratan BPBD Kabupaten Bandung  Sudrajat mengatakan, Menanggapi permintaan Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah, pihaknya akan mengirim 6 unit perahu fiber.

”Kami sudah mengdistribusikan tiga unit untuk dua titik wilayah Kecamatan Dayeuhkolot dan Baleendah. tambahan 1 unit ke Andir dan 2 unit untuk wilayah Kecamatan Rancaekek,” kata Sudrajat saat ditemui di Soreang kemarin (14/2)

Menurutnya, pendistribusian sarana tersebut difokuskan di wialayah banjir. Sebab, selama ini masyarakat sering mengeluh akan kurangnya sarana evakuasi. Oleh karena, tahun ini pihaknya, merealisasikannya.

”baru didistribusikan sekarang. Sebab, kemari semua personil difokuskan untuk penanggulangan pasca banjir bandang di kecamatan Cilengkrang,” akunya

Sudrajat menmgatakan, untuk melakukan pemantauan cuacan di wilayah Kabupaten Bandung dirinya secara update melakukan roll call dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Saat ini, pada umumnya semua wialayah kabupaten Bandung  hujan berlanjut dengan intensitas ringan.

“Pada umumnya cuaca di 31 kecamatan cerah berawan. Hanya pada sore hari, sebagian kecamatan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Meski demikian kami secara rutin tetap melakukan koordinasi melalui pelaporan (roll call), untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” akunya.

Dia menjelaskan, melalui roll call yang diterima akan memudahkan pemantauan kondisi lapangan. Saat musin hujan seperti sekarang, untuk mempermudah assessment personil yang turun ke beberapa wialayah diantaranya kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan kecamatan Bojongsoang.

”roll call untuk memudahkan saling memberikan informasi kondisi lapangan, sehingga kami akan siap siangga melalukan asesmen penangan. Kalau terjadi bencana yang tidak diharapkan,” tutup dia. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan