Angka Kecelakaan  Selama Operasi Ketupat di Cimahi Menurun

CIMAHI – Satuan Lalu lintas Polres Cimahi mengklaim ada penurunan angka kecelakaan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019. Dalam opersai tersebut tercatat hanya dua kasus kecelakaan yang terjadi.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto mengatakan, Operasi Ketupat Lodaya 2019 merupakan rangkaian dalam momen Hari Raya Idulfitri 1440 H tersebut berlangsung selama 13 hari sejak 29 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019 atau hingga arus mudik dan arus balik lebaran.

”Ada dua kecelakaan di KBB (Kabupaten Bandung Barat) yang pertama melibatkan kendaraan roda dua dan yang kedua kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan roda empat. Dari kedua kejadian itu dua pengendaranya meninggal dunia,” kata Suharto, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/6).

Menurutnya, jika dibandingkan Operasi Ketupat Lodaya tahun lalu, angka kecelakaan lalu lintas tahun ini mengalami penurunan.

”Tahun lalu terjadi tiga kasus kecelakaan, dua diantara pengemudinya meninggal dunia dan sisanya hanya mengalami luka ringan,” ujarnya.

Pengurangan kasus kecelakaan tersebut, lanjutnya, merupakan hasil dari pekerjaan pihaknya yang selalu berupaya untuk menekan angka kecelakaan dengan cara melakukan pengecekan jalur, khususnya yang dilintasi pemudik, ramp check dan menempatkan sejumlah personel di semua titik yang dianggap rawan kecelakaan.

”Pengecekan sarana dan prasarana di setiap jalur black spot dan trouble spot yang ada di Kota Cimahi maupun KBB terus kita lakukan. Kemudian kami juga memberikan imbauan kepada pengendara agar mengikuti aturan berkendaraan,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, Program Millennial Road Safety Festival 2019 yang sudah dilaksanakan jauh sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya juga berpengaruh terhadap penurunan angka kecelakaan lalu lintas tersebut.

Program tersebut dilaksanakan untuk menekan angka kecelakaan yang di dominasi generasi milenial atau yang usianya dari 17 hingga 35 tahun. Sebab, berdasarkan data Satlantas Polres Cimahi tahun 2018, sebanyak 60 persen lakalantas terjadi pada generasi milenial.

”Kami akan terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan baik di Kota Cimahi, maupun di daerah Kabupaten Bandung Barat agar jumlahnya semakin menurun,” tutupnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan