Anggota Paskibra Harus Mampu Memaknai Nilai Perjuangan

CIMAHI – Wali Kota Cimahi, Ajay Muhamad Priatna mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan mengibarkan bendera pada upacara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tingkat Kota Cimahi.

Ada sebanyak 36 anggota Paskibra terpilih yang dikukuhkan, mereka terdiri dari 18 pria dan 18 wanita. Mereka terpilih setelah melalui seleksi yang sangat ketat. Sebelumnya, para anggota Paskibra ini juga menjalani karantina dan pemusatan latihan selama sembilan hari di Pusat Pendidikan Perhubungan (Pusdikhub) TNI AD.

Dalam sambutannya, Ajay berpesan, agar anggota Paskibra tidak hanya melaksanakan tugas menaikan dan menurunkan bendera saja. Tapi harus mampu memaknai nilai perjuangan dan patriotisme para pejuang kemerdekaan.

”Kalian harus bisa menebarkan nilai perjuangan tersebut untuk sesama pemuda,” kata Ajay, di Gedung A komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Kamis (15/8).

Menurut Ajay, anggota Paskibra juga harus menjadi suritauladan serta bisa menjadi pemuda pemudi yang tangguh serta unggul dalam mengisi kemerdekaan.

”Ajak sesama generasi untuk menjadi kreatif, tidak cengeng, tidak manja. Harus mau menolong sesama serta berprilaku baik,” ujarnya.

Terakhir dalam sambutannya, Ajay juga berpesan agar para anggota Paskibra yang akan bertugas untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental.

”Istirahat yang cukup, jaga kesehatan dan kebugaran, agar saat bertugas nanti kalian bisa bertugas prima,” tutupnya.

Sementara itu, Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi Dessy Setiawati mengatakan, para paskibra Kota Cimahi 2019 merupakan hasil seleksi yang dilakukan beberapa bulan lalu.

”Mereka sudah melakukan latihan luar selama tiga bulan. Sebetulnya yang lolos 37 orang, satu orang menjadi wakil Cimahi untuk Paskibra Provinsi Jawa Barat,” kata Dessy, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Rabu (14/8)

Menurutnya, sebelumnya, para anggota Paskibra ini melakukan kegiatan pemusatan latihan di Pusdikhub.

”Setiap tahun Pemkot Cimahi bekerjasama dengan jajaran pusdik yang ada di Kota Cimahi untuk pelatihan paskibraka. Terutama, agar mereka mendapat pendidikan kedisiplinan dan cinta tanah air,” ujarnya.

Setiap hari, lanjutnya, para anggota paskibra tersebut latihan rutin pagi dan sore hari. Mereka juga berlatih dengan prajurit Yon Armed 4 Dam III/Siliwangi sebagai tim 45.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan