Alokasikan Rp 38 M untuk Perawatan Taman Kota

BANDUNG– Sebagai kota metropolitan dengan tingkat stres yang relatif tinggi, Kota Bandung memiliki cara agar warganya tetap nyaman ting­gal di dalamnya. Taman merupakan salah satu jawa­bannya.

Kepala Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas Dinas Perumahan Kawasan Pemu­kiman, Pertanahan, dan Per­tamanan (DPKP3) Kota Bandung, Riela Fiqrina men­gatakan, taman sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) memi­liki tiga fungsi sekaligus. Selain fungsi estetika, taman juga memiliki fungsi ekologis dan fungsi sosial.

“Orientasinya untuk men­ciptakan kota yang nyaman. Warga kotanya menjadi senang bahagia sehingga bisa me­ningkatkan index of happiness,” tutur Riela.

Saat ini, Kota Bandung me­miliki 29 taman tematik yang tersebar di seluruh wilayah. Taman-taman tersebut diran­cang secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan setiap elemen warga. Tak hanya itu, ada pula taman-taman RW di wilayah-wilayah untuk men­dekatkan ketiga fungsi RTH itu langsung kepada warga.

Kepala Bidang Pertamanan DPKP3, Iwan Sugiono me­nambahkan, pihaknya juga menyiapkan anggaran yang tidak sedikit untuk perawatan taman-taman kota. Anggaran Rp 38 miliar dialokasikan un­tuk menjaga berbagai sudut taman.

“Itu termasuk biaya peng­hijauan, pembibitan, dan menggaji 320 orang tenaga harian lepas yang setiap hari menjaga taman-taman kita tetap bersih dan nyaman dikunjungi,” jelasnya.

Seluruh taman di Kota Bandung juga diupayakan bisa dikunjungi oleh semua kalangan usia, dari mulai kanak-kanak hingga lansia. Seluruh fasilitas disesuaikan agar nya­man untuk seluruh warga.

“Kita juga upayakan agar taman- taman bisa dilalui oleh kursi roda. Secara bertahap kita kerjakan,” katanya.

Saat ini, DPKP3 tengah fokus untuk memperbanyak taman-taman RW di kewilayahan. Dalam setahun, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk membangun kurang lebih 25 taman RW. Kendati belum cukup, ia mengaku akan men­goptimalkan dana yang ada.

“Anggaran kita hanya mampu sekitar 25 taman pertahun. Mudah-mudahan itu bisa memberikan dam­pak positif bagi warga,” pungkasnya. (mg3/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan