Alhamdulillah Peserta Iktikaf Membludak

BANDUNG – Memasuki sepuluh hari ramadan situasi disejumlah.majid besar di Kota Bandung banyak dipadati jamaah yang menggelar itikaf.

Berdasarkan pengamatan di Masjid Pusdai saat ini dipenuhi oleh jamaah yang sengaja bemalam di masjid.

Salah satu pengurus Masjid Pusdai Wawan Darmawan mengatakan, peserta iktikaf dari kalangan masyarakat umum dan karyawan Pusdai juga.

Untuk memberikan fasilitas kepada jamaah pihaknya sengaja mengatur piket kepada pengurus sebagai khodim.

Kegiatan itikaf banyak diisi dengan salat malam (Qiyamul Lail), tadabur quran dan ceramah kajian. Kegiatan ini juga dibantu Remaja Masjid Pusdai (Rampai) dan mahasiswa.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan makan sahur, pihak panitia menyedikan untuk para jamaah dengan ketentuan membayar sebesar Rp 15.000. Namun, pada pelaksanaannya banyak para dermawan.menyumbangkan makanan untuk ke para jamaah yang itikaf.

“Alhamdulillah,.makanan selalu melimpah dan para jamaah yg itikaf semuanya kebagian secara gratis,”kata Wawan ketika ditemui kemarin. (1/6)

Dia mengatakan, jamaah semakin bertambah setiap malam terutama setiap malam ganjil pada bulan ramadan, malam 21, 23, 25 sampai puncaknya 27.

“Tadi malam saja membeludak sampai keluar area masjid, melebih jamaah sholat jumat biasanya, mungkin ditambah juga kehadiran para kaum perempuan,” Lanjutnya.

Untuk penempatannya dibagi menjadi dua area, pertama area atas untuk perempuan dan bawah untuk laki-laki. Ada beberapa masyarakat beserta keluarga membawa kasur ke masjid demi untuk beriktikaf.

“Ada yang bawa tenda dan kasur , tapi mereka dianjurkan di tempat yang kira-kira tidak mengganggu jamaah yang lain untuk lewat dan tidak mengganggu kesucian masjid itu sendiri,” Jelasnya.

Para jamaah iktikaf dipastikan datang dalam Kota Bandung dan dari luar kota seperti dari Banjarmasin dan Aceh. Mereka tidak dalam rangka sedang mudik tetapi memang mencari tempat untuk beriktikaf kemudia memilih masjid Pusdai.

“Sempat juga dari kalangan artis beriktikaf di Masjid Pusdai yaitu vokalis Group Band Changcuter Mohammad Tria Ramadani,” tambahnya. (mg3/yan)

Tinggalkan Balasan