Akibat Pembakaran Sampah Rumah Jamur Ludes

CIMAHI – Rumah jamur seluas 160 meter persegi ludes dilalab si jagi merah. Peristiwa kebakaran tersebut diduga terjadi akibat dari kegiatan pembakaran sampah oleh warga setempat yang membuat api merembet ke rumah jamur hingga terbakar.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi mengaku, menerima laporan kejadian sekitar pukul 13.46 WIB. Sementara kebakaran yang terjadi di Jalan Karyabakti Kampung Pasirkiara RT.05 RW16 Kel. Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi diperkirakan sekitar pukul 13.30 WIB.

”Setelah menerima laporan, kami langsung respon dengan langsung menurunkan petugas kelokasi,” kata Indrahadi, Minggu, (13/10).

Menurutnya, rumah jamur yang letaknya diantara kebun garapan warga tersebut milik Kurnia dan Oga. Warga sekitar, lanjutnya, melihat api sudah membesar yang diakibatkan oleh pembakaran sampah dan segera melapor ke pemadam kebakaran.

”Pada saat kejadian, cuaca sedang panas dan ada angin,” ujarnya.

Untuk memadamkan api tersebut, Indrahadi mengaku, pihaknya mengirim tiga unit kendaraan pancar dan dua unit kendaraan resque dengan melibatkan 15 orang personil. Meski sempat kesulitan karena kases menuju lokasi kejadian yang cukup padat kendaraan dan luas jalan kecil, namun pada akhirnya api dapat dipadamkan.

”Pada akhir pekan arus lalu lintas cukup padat. Lokasi berada di utara Cimahi, akses jalan kecil ditambah dengan adanya mobil yang parkir di bahu jalan sehingga kita butuh waktu lebih lama untuk sampai lokasi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, setelah melakukan penanganan kebakaran, pendataan dan inventarisai peralatan personil pun kembali ke mako damkar.

”Kita lakukan pemadaman dan pendinginan sampai titik api tidak lagi muncul. Lokasi kejadian habis seluruhnya karena terdiri dari kayu mudah terbakar. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 40 juta,” tutupnya.(ziz)

Tinggalkan Balasan