Ajax Bukukan Rekor Menawan

AFC Ajax (Ajax Amsterdam) tak sekadar meraih kemenangan di markas Tottenham Hotspur pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019. Tim asuhan Erik ten Hag ter­sebut sekaligus mengukir se­jumlah rekor menawan.

Dusan Tadic cs seperti di­ketahui menang 1-0 di kandang baru Tottenham. Pahlawan kemenangan Ajax adalah ge­landang Donny van de Beek yang mencetak gol pada me­nit 15. Ini menjadi modal berharga untuk menghadapi leg kedua pada 8 Mei men­datang waktu Belanda.

Rekor menawan yang dibu­kukan Ajax usai menang di markas Tottenham, diantara­nya menjadi tim ketiga di era Liga Champions yang selalu menang dalam laga tandang di babak 16 besar, perempat final, dan semifinal pada satu musim Liga Champions. Ajax mengikuti jejak Bayern Muenchen (2012-2013) dan Real Madrid (2017-2018). Seperti diketahui, sebe­lumnya Ajax menang di kandang Madrid (16 besar), di kandang Juventus (perempat final), dan kini di markas Tottenham (se­mifinal).

-Ajax untuk pertama kali dalam sejarah mampu sel­alu mencetak gol dalam 9 laga tandang beruntun di Liga Champions. Pencetak gol tunggal Ajax ke gawang Tottenham, Donny van de Beek, menjadi pemain ter­muda ketiga Ajax yang mam­pu mencetak gol di semifinal Liga Champions. Umur Van de Beek adalah 22 tahun 12 hari. Dia di belakang Nord­in Wooter (19 tahun 237 hari) dan Mario Melchiot (20 tahun 170 hari). Defender Ajax, Matthijs de Ligt, men­jadi kapten termuda di se­mifinal dalam sejarah Liga Champions. De Ligt baru be­rumur 19 tahun 261 hari. (jpc)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan