400 Alat Tangkap Ikan Berteknologi Canggih Akan Dibagikan

BANDUNG – 400 alat untuk menangkap ikan berteknologi canggih rencananya akan dihibahkan kepada para nelayan di Jabar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Jawa Barat (Jabar)

Kepala DKP Provinsi Jabar Jafar Ismail mengatakan, alat ini bisa disebut smart fishing yang akan dibagikan kepada nelayan di pantai utara dan selatan Jabar pada tahun ini.

Dia menuturkan, smart fishing merupakan aplikasi berteknologi satelit yang mempunyai daya scan, sehingga memudahkan nelayan dalam mencari titik-titik berkumpulnya ikan. Bahkan, aplikasi ini mampu mendeteksi posisi dan lokasi ikan secara akurat.

“Aplikasi ini berbentuk layar monitor dengan menggunakan teknologi satelit yang dapat mengirim informasi kepada nelayan dan dikembangkan oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bersama DPKP Jabar,” ungkap Jafar di kantornya, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (8/7).

“Insya Allah, tahun ini, sebanyak 400 smart fishing akan kita bagikan kepada para nelayan di pantai utara dan selatan. Untuk pantai utara sebanyak 200 dan pantai selatan 200,” sambung Jafar.

Meski begitu, lanjut Jafar, untuk mendapatkan bantuan ini para nelayan harus memenuhi syarat yaitu nelayan tidak boleh menggunakan alat penangkap ikan yang tidak ramah lingkungan.

“Nelayan yang akan menerima alat ini tidak boleh menggunakan alat yang dilarang oleh undang-undang,” tegasnya.

Jafar mengakui, 20 alat smart fishing ini pun sudah diujicobakan dan diterapkan nelayan di pantai selatan Jabar. Namun, alat tersebut digunakan kapal-kapal kecil dengan area tangkap di bawah 12 mil.

Sementara, untuk kapal-kapal besar di atas 30 gross ton (GT) dengan area tangkap lebih luas tidak diberikan alat tersebut karena sudah dilengkapi teknologi yang memadai.

“Aplikasi ini hanya untuk kapal-kapal kecil di bawah 30 GT, agar nelayan-nelayan kecil mampu meningkatkan hasil tangkapannya,” jelasnya.

Jafar berharap, program yang digagas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin ini dapat dirasakan seluruh nelayan di Jabar.

“Ini kan bagian dari visi Pak Gubernur menuju Jabar Juara Lahir Batin dalam bidang perikanan dan kelautan,” pungkas Jafar. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan