185 KPM Telah Digraduasi

NGAMPRAH– Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat mencatat sebanyak 185 kelu­arga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) telah digraduasi. Me­reka tak lagi mendapatkan bantuan melalui program tersebut lantaran perekono­miannya dianggap sudah meningkat.

Kepala Bidang Pemberday­aan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial KBB, Yuyun Bu­diarti mengungkapkan, jum­lah KPM yang digraduasi tersebut tercatat sejak tahun lalu hingga triwulan pertama tahun ini. Jumlah KPM yang digraduasi memang masih jauh dari total KPM yang ter­catat, yakni 73.967 KPM.

“Kami terus berupaya me­motivasi mereka agar man­diri, sehingga akhirnya bisa digraduasi alias tidak bergan­tung lagi pada bantuan PKH,” katanya di Ngamprah Selasa (9/4).

Yuyun menyebutkan, sejum­lah KPM yang digraduasi tersebut di antaranya berasal dari hampir semua di 16 ke­camatan. Mereka mengajukan sendiri kepada pemerintah untuk tidak lagi dicatat seba­gai KPM PKH. Saat ini, me­reka sudah mandiri dengan menjalani usaha kecil dan menengah.

Setelah digraduasi, para KPM tersebut akan diajukan ke­pada Kementerian Sosial untuk dicoret dari daftar pe­nerima PKH. “Namun setelah dicoret, kami tidak bisa serta merta mengalihkan bantuan itu untuk yang lain. Sebab, itu kewenangan pusat,” katanya.

Saat ini, total penerima PKH di Bandung Barat yaitu 73.967, naik dari tahun lalu yang berjumlah 72.840 KPM. Ban­tuan dari Kementerian So­sial untuk PKH diberikan bagi 7 komponen, yaitu ibu hamil Rp 2,4 juta/tahun, balita Rp 2,4 juta/tahun, siswa SD Rp 900.000/tahun, SMP Rp 1,5 juta/tahun, SMA Rp 2 juta/tahun, disabilitas berat dan lansia masing-masing Rp 2,4 juta/tahun.

Bantuan tersebut diberikan secara bertahap setiap Ja­nuari, April, Juli, dan Oktober. Sementara itu, setiap KPM maksimal mendapatkan ban­tuan untuk 4 dari 7 komponen. “Yang diambil itu bantuan yang terbesar. Jadi kalau satu keluarga memiliki 7 kompo­nen, hanya diambil 4 yang terbesar,” ujarnya.

Koordinator Pendamping PKH KBB Dewi Yulianti men­gungkapkan, pihaknya terus menyosialisasikan program Graduasi KPM kepada masy­arakat. Secara rutin, pihaknya melakukan pertemuan pe­ningkatan kemampuan kelu­arga terhadap para penerima PKH.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan