140 Pelajar Antusias Ikut Pagelaran & Pementasan “Wayang for Student 2019”

BANDUNG – Komitmen dan konsistensi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) un­tuk turut berkontribusi da­lam menjaga kelestarian kesenian Tanah Air terus diwujudnyatakan dalam beragam program dan ke­giatan. Hal ini diimplemen­tasikan melalui Bakti BCA dalam bidang Budaya, BCA untuk Wayang Indonesia, dalam gelaran Wayang for Student. Wayang for Student 2019 kali ini menampilkan pagelaran “Jaya Perbangsa” dan Pementasan Wayang yang melibatkan 140 pelajar dan dinikmati 560 siswa dan guru yang berasal dari 7 sekolah di Bandung.

Wayang for Student 2019 di Bandung dibuka oleh Guber­nur Jawa Barat Ridwan Kamil, Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, dan Di­rektur Kesenian Kemendikbud Restu Gunawan. Turut hadir dalam acara pembukaan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat Imam Santoso, Dalang Apep A. S Hudaya, Kepala Sekolah dan 700 pelajar dari tujuh sekolah di Auditorium Gedung B, Universitas Kristen Mara­natha Jalan Surya Sumantri No. 65 Sukawarna, Kecamatan Sukajadi Bandung. Selasa (29/10/2019).

Para siswa tersebut terpilih karena memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, dan musik. Mereka berlatih untuk pagelaran Way­ang for Student di masing-masing sekolah. Tiap sekolah mendapatkan judul pemen­tasan yang beragam, antara lain Rebutan Konta, Jabang Tutuka, Brajamusti Gugat, dan Gatotkaca Sabda Guru. Ada­pun tujuh sekolah yang ter­libat antara lain SMA Negeri 1, SMA Negeri 7, SMA BPI 2, SMK Pelita, SMP AL FALLAH, SMP Negeri 1 Lembang, dan SMP Negeri 1 Cisarua.

Inge mengatakan, Wayang for Student diselenggarakan untuk mengenalkan wayang sedari dini kepada anak-anak di Indonesia sebagai warisan yang telah diakui UNESCO sejak 2003.

“Wayang yang merupakan budaya asli Indonesia harus dikenal oleh kaum milenial. Pesan moral yang disampai­kan melalui pementasan wayang masih relevan dengan kehidupan kita. Oleh sebab itu, BCA terus berupaya mel­alui ragam program yang edukatif dan fun mengenalkan wayang secara mendalam kepada pelajar di beberapa wilayah Tanah Air, salah sa­tunya di kota Bandung ini,” kata Inge.

Menurut catatan Kemente­rian Pendidikan dan Kebu­dayaan RI, wayang telah menjadi salah satu dari dela­pan elemen budaya yang masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak ta­hun 2003.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan